Sejarah Perjuangan Indonesia Terbingkai dalam Foto
Tgl: 27/08/2013 23:40 Reporter: Indriatno

KBRN, Surabaya : Sepenggal peristiwa bersejarah seputar perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia terpampang dalam pameran foto di Atrium Rainbow Ground Level BG Junction.

Sejumlah momen penting menyangkut berdirinya bangsa ini terbingkai apik dalam frame foto. Seluruh foto yang ditampilkan merupakan arsip nasional dan benar-benar terjadi alias bukan rekayasa.

Beberapa diantaranya peristiwa pelucutan senjata tentara Jepang, pengibaran bendera Merah Putih untuk pertama kalinya, penyapuan ranjau pada masa-masa perang serta sejumlah perundingan. Tak sedikit pula gambar tokoh-tokoh bangsa seperti Presiden pertama RI, Ir. Soekarno beserta Wakil Presiden Moch. Hatta, Panglima Besar Soedirman, Jendral Oerip Sumohardjo, Mayjend. dr. Mustopo, dan Bung Tomo.

Kepala Badan Arsip dan Perpustakaan (Baperpus) Surabaya, Arini Pakistyaningsih mengatakan, Selasa (27/8/2013) dalam rangka peringatan HUT RI ke-68 pihaknya bekerja sama dengan BG Junction menggelar sejumlah acara bertema perjuangan. Tujuannya, untuk menanamkan nilai-nilai kepahlawanan pada masyarakat dan generasi muda.

“Makanya kita gelar di mall,” terangnya.

Foto-foto yang ditampilkan hanya sebagian kecil dari koleksi yang dimiliki Baperpus Surabaya. Arini mengaku, saat ini pihaknya mempunyai sekitar 2.500 eksemplar foto-foto perjuangan. Untuk menjaga arsip-arsip kuno tersebut tidak rusak, Baperpus menempuh langkah sesuai standar penyimpanan dokumen.

Dikatakan Arini, setiap enam bulan sekali dilakukan fumigasi. Arsip diberi obat tertentu kemudian disimpan di tempat khusus yang temperaturnya sudah diatur tidak boleh di atas 37 derajat celcius. Disamping itu, pantangan lainnya yakni tidak boleh lembab, harus bersih dan bebas rayap. Bahkan, akses masuk ke ruangan itu dibatasi. Tidak sembarang orang boleh masuk.

Selain pameran foto, kegiatan yang digelar hingga 1 September itu juga diwarnai lomba pidato Bung Tomo, lomba musik, dan talkshow dengan para veteran.“Nanti anak-anak bisa bertatap muka dengan para veteran. Mereka bisa menanyakan seputar perjuangan langsung kepada pelaku sejarah,” ujar Arini. Di tempat yang sama, Baperpus juga memfasilitasi taman baca gratis.

Sementara, Ketua Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Surabaya, Hartoyik menyambut baik kegiatan tersebut. Menurutnya, perjuangan para pahlawan perlu ditanamkan pada generasi muda agar tumbuh rasa nasionalisme yang tinggi. Dengan mengetahui betapa besar perjuangan merebut dan mempertahankan kemerdekaan, diharapkan generasi penerus memiliki motivasi yang tinggi untuk mengisi kemerdekaan.

“Semoga semangat perjuangan merasuk dalam dada putra-putri Indonesia,” kata pejuang yang pernah terlibat langsung dalam perang kemerdekaan I dan II ini. (Indriatno/WDA)


Komentar Anda:

copyright© 2012 Radio Republik Indonesia - Kantor Berita Radio Nasional