Sekitar 125 Kertas Suara Pilkada Parepare Rusak Karena Tinta Meleleh
Tgl: 13/08/2013 06:28 Reporter: Ifa Fitriani

KBRN, Parepare : Selama tiga hari penuh melakukan penyortiran dan pelipatan surat suara dalam rangka Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota (Pilwali) Parepare, ditemukan sebanyak 125 surat suara yang rusak dan tidak layak pakai. Dari kesemuanya, kerusakan didominasi oleh tinta meleleh pada surat suara.

Anggota Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Parepare, Safriani Sudirman, mengungkapkan, staf Komisi Pemilihan Umum dan para relawan selama tiga hari sejak Sabtu (10/08/2013) hingga Senin (12/08/2013), melakukan penyortiran dan pelipatan sebanyak 96.794 surat suara yang terbagi di 25 kotak suara. Ditambah lagi, surat suara cadangan sekitar 2,5 persen atau sebanyak 2.424 surat suara.

Dari 96.794 surat suara itu, ditemukan surat suara yang rusak, cacat dan tidak layak pakai. Adapun kerusakannya, dikarenakan pada surat suara tersebut ditemukan tinta meleleh, kertas suara yang robek atau lubang seperti bekas tusukan.

"Yang rusak itu 125 surat suara dan didominasi tinta meleleh pada kertas suara. Kami sementara mengusahakan semuanya selesai dan permasalahan surat suara dapat selesai hari ini (kemarin.red) juga," jelas Safriani.

Sementara itu, Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Parepare, Hamran Hamdani, menguraikan, untuk surat suara ini setelah penyortiran dan pelipatan, nantinya akan dibuatkan berita acara. Namun sebelum pembuatan berita acara, surat suara kembali dihitung jika ada yang kurang atau lebih.

"Untuk permasalahan kartu suara yang rusak atau cacat, segera diselesaikan atau diganti. Jangan sampai surat suara seperti itu dapat mengganggu jalannya Pilwali Parepare mendatang," tandas Hamran. (ifa fitriani/HF)


Komentar Anda:

copyright© 2012 Radio Republik Indonesia - Kantor Berita Radio Nasional