BPNB Gelar Debat Budaya Antar Mahasiswa
Tgl: 27/07/2013 14:25 Reporter: Syahril Ahmad

KBRN, Banda Aceh : Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Banda Aceh, Sabtu (27/7/2013)  sukses mengadakan debat budaya antar mahasiswa dan workshop budaya religius di aula setempat.

Kepala BPNB Banda Aceh, Irini Dewi Wanti kepada RRI menjelaskan, debat budaya mahasiswa antar mahasiswa dan workshop budaya religius adalah kegiatan  rutin yang diadakan BPNB Banda Aceh setiap tahun.

“Kedua kegiatan tersebut juga dilaksanakan sebagai wujud kepedulian kita dalam hal pelestarian nilai-nilai budaya Aceh yang kental akan unsur Islamnya,” katanya.

Irini Dewi Wanti juga mengatakan, kegiatan debat budaya antar mahasiswa merupakan salah satu upaya pihaknya untuk menyediakan ruang bagi para generasi Aceh untuk menyampaikan pendapatnya.

“Sedangkan kegiatan worshop budaya religius merupakan sebuah bentuk nyata dari BPNB Banda Aceh untuk ikut serta dalam mensyiarkan  nilai-nilai Islam yang terkandung di dalam kebudayaan Aceh,” tambahnya.

Kepala Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, Shabri Aliaman mengatakan memyambut baik diadakannya debat budaya mahasiswa dan workshop budaya religius karena hal itu memiliki nilai intelektual yang sangat tinggi.

“Sebagai bukti dalam debat budaya mahasiswa misalnya mereka telah menampakkan kemampuan mereka yang luar biasa meski sempat terjadi pro dan kontra namun tetap mencari bentuk dan karakter ideal pemuda Aceh,” katanya.

Shabri Aliaman berharap kegiatan debat budaya antar mahasiswa dan workshop budaya religius dimasa mendatang dapat terus dipertahankan,  karen hal itu merupakan bagian dari pendidikan dalam melestarikan budaya bangsa.

Acara debat budaya antar mahasiswa yang bertemakan mencari bentuk dan karakter ideal pemuda Aceh dan dan workshop budaya regilius yang berthemakan etika mencari dalam perspektif budaya Aceh yang Islami juga dirangkaikan dengan lepas sambut jabatan Kepala BPNB Banda Aceh.

Pada kesempatan tersebut juga diumumkan dan diserahkan hadiah kepada para juara khusus debat budaya antar mahasiswa. Impaks tampil sebagai Juara I, sedangkan juar II dan IIII masing-masing Himmah Aceh dan HMI Banda Aceh.

Sementara juara harapan I, II dan III, masing-masing Kammi Banda Aceh, IMM Banda Aceh dan PII Aceh. (Syahril/DS/WDA)


Komentar Anda:

copyright© 2012 Radio Republik Indonesia - Kantor Berita Radio Nasional