17 Orang Jamaah Calon Haji Sintang Tahun 2013 Ditunda Keberangkatannya
Tgl: 15/07/2013 17:16 Reporter: Taufik Hidayat

KBRN, Sintang : Keputusan Pemerintah Arab Saudi terkait pengurangan kuota haji tahun 2013 berpengaruh pada tertundanya Jamaah Calon Haji Kabupaten Sintang.

Kepala Kementerian Agama Kabupaten Sintang Abdul Aziz  Mengatakan Dari 129 orang kuota yang ada, dikurangi 20 persen, Maka jamaah calon haji Kabupaten Sintang  yang akan diberangkatkan menjadi 103 orang, 17 orang lainya di tunda keberangkatanya.

Penundaan  Keberangkatan  ini juga berlaku untuk seluruh Kabupaten/Kota yang lainnya di Indonesia. Sistim penundaan yang dilakukan Kementerian Agama Kabupaten Sintang menunda jamaah Haji yang termuda.

“Dengan berkuangnya Kwota Haji ini, maka yang tertunda tahun 2013 sebanyak 26 orang masuk pada tahun 2014, sehingga jelas akan terjadi penumpukan pada tahun tahun beriktnya,” jelas  Abdul Azis Kepada RRI Senin (15/7/2013).

Pada tahun ini sebenarnya ada peningkatan jumlah jamaah calon haji dibanding tahun lalu. Pada tahun lalu jamaah calon haji Sintang 112 orang namun pada tahun ini  129 orang artinya ada peningkatan 17 jamaah calon haji.

Antusias masyarakat Sintang  untuk menunaikan ibadah haji cukup tinggi. Daftar Tunggu Haji Kabupaten Sintang saat ini saja sampai tahun 2022 artinya dengan penundaan ini akan daftar tunggu akan semakin pajang.

Hampir semua Kecamatan yang ada di Kabupaten Sintang memiliki calon jamaah haji. Kecamatan terbanyak  mendaftar menunaikan ibadah haji adalah Kecamatan Sintang, sedangkan kecamatan yang paling sedikit mendaftar kecamatan Kayan Hulu dan Kecamatan Ketungau Hulu. (Taufik/WDA)


Komentar Anda:

copyright© 2012 Radio Republik Indonesia - Kantor Berita Radio Nasional