Harga Emas, Turun Penjualan Stagnan
Tgl: 12/07/2013 21:09 Reporter: Wuri Damaryanti

KBRN, Kulon Progo: Meski harga emas mengalami penurunan sejak 2 bulan terakhir, penjualan emas batangan di Kulon Progo tetap stagnan.

"Saat ini sebagian masyarakat Kulon Progo memang sudah banyak yang berinvestasi dalam bentuk emas. Sejak Januari hingga saat ini total nilai pembelian emas batangan telah mencapai lebih dari Rp 1 Milyar," kata Kepala Cabang Pegadaian Jogoyudan Wates, Susanta, Jumat (12/7/2013).

Namun, cara investasinya belum sebagai bagian bisnis yang mengikuti perkembangan harga emas. Hanya sekedar membeli dan kemudian menyimpan, belum menggunakan trik, membeli emas di saat harga emas turun.

Dengan begitu, saat harga emas turun seperti sekarang, tetap tidak banyak yang memanfaatkan untuk membeli emas, bahkan tingginya permintaan emas dari masyarakat terjadi saat harga tinggi.

Berdasarkan catatan harga emas logam mulia dari PT Antam, saat ini harga 1 gram emas berkisar Rp 496.000. Angka ini turun jauh dibanding harga pada akhir Oktober 2012 silam yang mencapai kisaran Rp 576.000.

"Penurunan harga emas ini terkait dengan investasi saham di dunia. Saat kondisi investasi saham bagus, biasanya emas dijual untuk membeli saham," tambahnya.

Namun kalau investasi saham jatuh, maka investasi emas akan banyak diminati, sehingga harganya kembali naik. (Wuri Damaryanti/AKS)


Audio


Komentar Anda:


copyright© 2012 Radio Republik Indonesia - Kantor Berita Radio Nasional