Hasil Keputusan MK: Pilkada Ulang di Lima Kabupaten/Kota di Sumsel
Tgl: 11/07/2013 17:05 Reporter: Peri Widodo

 

KBRN, Palembang: Hasil amar keputusan sidang sengketa Pilkada Sumsel yang berlangsung di gedung Mahkamah Konstitusi, Kamis (11/7/2013), berdasarkan hasil gugatan dari pasangan calon kepala daerah Sumsel Herman Deru-Maphilinda serta gugatan pasangan Eddy Santana Putra-Wiwit Tatung menyatakan akan melakukan pemilihan ulang di dua kota dan tiga Kabupaten di Sumsel.

KPU Sumsel akan diberikan waktu 90 hari atau tiga bulan untuk melaksanakan hasil keputusan Mahkamah Konstitusi untuk melaksanakan Pemilukada Ulang di Kabupaten Ogan Komering Ulu, OKU Timur, OKU Selatan, Kota Prabumulih dan Kota Palembang.

Pengamat Politik Sumsel Doktor Joko Siswanto, Kamis (11/7/2013), kepada RRI mengatakan, KPU Sumsel harus menjalankan hasil amar keputusan dari Mahkamah Konstusi dengan bijaksana.

“Itu sudah keputusan final jadi kita tidak bisa melawan lagi ketentuan undang-undang seperti itu tinggal kita melaksanakannya dengan demikian ada beberapa hal yang dinilai mahkamah konstitusi dilakukan salah satu pasang,” jelas Joko.

Menurut Joko, KPU harus bergerak cepat karena mampu menjalankan amanat ini dengan ikhlas dan tanggung jawab karena Pilkada Ulang harus dicermati betul mekanisme yang ada utamanya terhadap daerah yang melakaukan Pilkada Ulang.

Walaupun suhu politik pasti akan memanas namun Joko Siswanto juga berharap masyarakat dapat menyalurkan hak pilihnya datang ke TPS TPS yang sudah disiapkan oleh petugas kecamatan yang ada di setiap daerah pilkada ulang. (Peri/AKS) 

 

 

 

 

 

 


Audio


Komentar Anda:


copyright© 2012 Radio Republik Indonesia - Kantor Berita Radio Nasional