Polri Siap Amankan Pemilu 2014
Tgl: 02/07/2013 08:39 Reporter: Sugandi

KBRN, Jakarta: Presiden Susilo Bambang Yudhoyono memberikan amanah kepada Kepolisian Republik Indonesia untuk mengamankan, memelihara keamanan dan ketertiban seluruh rangkaian kegiatan pemilihan umum 2014.

Arahan Kepala Negara disampaikan  pada peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-67 Bhayangkara di Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat, Senin (1/7/2013) pagi kemarin.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Mabes Polri Brigjen Pol Boy Rafli Amar, mengatakan Polri siap menjalankan amanah Presiden Susilo Bambang Yudhoyono karena itu merupakan kewajiban dan tugas utama Polri.

“Tugas pengamanan dan pemilu sudah sekian dilaksanakan dan tugas itu tentu diserahkan ke Polri,” kata Brigjen Pol Boy Rafli Amar, pada perbincangan bersama Pro 3 RRI, Selasa (2/7/2013).

Untuk memaksimalkan pengamanan, pihak Polri juga mengandeng dan menjalin kerjasama Komisi Pemilihan Umum dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan mendorong partai politik untuk mengarahkan agar konstituennya  taat hukum.

Sebenarnya untuk pemilu tingkat nasional seperti legislatif dan pilpres tidak perlu dirisaukan karena sepanjang pelaksanaan pemilu langsung tingkat nasional sejak 1999, berjalan dengan aman dan tertib.

“Pemilukada terjadi konflik dan kekerasan. Disejumlah wilayah masih ada pendukung tidak berbesar hati dan tidak diiringi oleh calon dan pemimpin daerah untuk membangun konstituen yang taat hukum”.

Selain siap untuk mengamankan pesta demokrasi tahun depan, Polri juga menegaskan tetap menjaga netralitas dengan tidak berpihak kepada calon manapun. Bagi Polri, ujar Boy, hanya menjalankan tugas mengamankan secara netral, objektif dalam kegiatan pemilu.

"Adalah kewajiban Polri untuk tidak berpihak kepada siapapun dalam pemilu.  Polri tidak memiliki hak untuk itu.  Kepada pihak keluarga Polri yang punya hak pilih, kita serahkan, tidak ada yang diatur oleh kedinasan. Kita tidak ingin menggunakan fasilitas internal untuk kepentingan politik praktis,” tegasnya. (Sgd/AKS)

 


Audio


Komentar Anda:

copyright© 2012 Radio Republik Indonesia - Kantor Berita Radio Nasional