Guru Kabupaten Sidrap Perkenalkan Mistar Hitung
Tgl: 01/07/2013 19:10 Reporter: Kamaru Rahman

KBRN, Makassar : Lasiamba, guru SD Negeri 7 Amparita, bersama Syamusddin dan Mansur Guru SMP Negeri 1 Tellu LimpoE Kabupaten Sidrap memperkenalkan mistar hitung alat peraga sederhana yang memudahkan murid dan siswa untuk berhitung.

Lasiamba saat melakukan presentase alat kerja di Makassar menjelaskan cara kerja mistar hitung sangat sederhana hanya dengan menggeser bagian atas mistar dan menjadikannya sejajar dengan angka nol maka hasilnya langsung terlihat.

Dari pengalamannya mengajar selama 28 tahun, Lasiamba mengatakan respon murid maupun siswa atas penggunaan mistar hitung sangat baik dan berkesan karena mudah dan cepat.

“Artinya berkesan karena panca indra mata langung melihat sehingga mempercepat penyampaian informasi ke otak dan dari pengalaman mengajar mulai dari kelas 1 hingga kelas 9 semua mengatakan mudah dan cepat,” ujar Lasiamba, Senin, (1/7/2013).

Alat peraga mistar hitung menurut Dia sudah dibuatnya sejak tahun 1997 lalu dan saat ini jumlahnya 70 unit. Sedikitnya 11 sekolah di Kabupaten Sidrap sudah menjadikan alat peraga mistar hitung temuannya sebagai alat peraga berhitung. Diakhir keterangannya Ia mengaku sangat ingin keliling indonesia untuk mengajarkan murin dan siswa berhitung dengan menggunakan alat sederhana mistar hitung yang dibuatnya.

Di tempat yang sama, Mansur mengakui, mistar hitung yang sudah didaftarkan hak patennya dua pekan lalu di kementrian Hukum dan HAM masih membutukan penyempurnaan seperti sistem rol angka yang memungkinkan penjumlahan dan pengurangan skala besar. (KMR/HF)


Audio


Komentar Anda:


copyright© 2012 Radio Republik Indonesia - Kantor Berita Radio Nasional