FKUB Pamekasan Berhasil Memupuk Toleransi Antar Umat Beragama
Tgl: 27/06/2013 20:47 Reporter: Andree Havid

KBRN, Pamekasan : Musyawarah Dialog Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), bersama Instansi terkait, ormas, tokoh agama, tokoh pemuda dan mahasiswa, berlangsung, Kamis (27/6/2013) siang, di ruang pertemuan PKPN Pamekasan, dengan tema Menumbuhkembangkan nilai-nilai empat pilar kebangsaan di daerah se kabupaten Pamekasan.

Ketua FKUB Propinsi Jatim Siswantoro mengatakan, kegiatan yang dilakukan FKUB Pamekasan ini merupakan salah satu upaya yang cukup baik, sebab kerukunan tidak bisa tumbuh dengan sendirinya, oleh karena itu dialog perlu dilakukan oleh para tokoh, baik masyarakat, ulama, ormas maupun pemerintah, di dalam mewujudkan kebersamaan dan kerukunan tanpa harus menunggu timbulnya masalah.

“Pamekasan, FKUB Jawa Timur melihat adalah terbaik, terutama masalah yang berkenaan dengan saling rasa toleransi, penghormatan dan sebagainya berjalan bagus, lebih-lebih upaya dalam rangka pemberdayaan masyarakat, yaitu mengangkat derajat kemudian juga kondisi sosial ekonomi, antara lain kegiatan-kegiatan lintas agama kemudian bersama-sama menangani problem sosial, mengenai kemiskinan dan kesehatan,” kata Siswantoro.   

Sementara itu, Bupati Pamekasan dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Kepala Bakesbangpol Pemkab Pamekasan Akmalul Firdaus, menyatakan kebanggaannya karena intensitas komunikasi baik secara fisik maupun pemikiran yang bersifat dialogis antar komponen masyarakat, dapat ditradisikan dan terus dikembangkan melalui berbagai kegiatan yang mengarah pada perbaikan peradaban manusia, yang berpijak pada prinsip kebhinekaan.

Terutama ditengah peradaban modern yang semakin individualis dan fragmatis, sehingga menimbulkan sikap fanatisme berlebihan terhadap kelompok maupun keyakinannya, yang jika tidak terkelola dengan baik dapat menimbulkan perilaku destruktif dan diskriminatif. (Andree/LL/WDA)


Audio


Komentar Anda:

copyright© 2012 Radio Republik Indonesia - Kantor Berita Radio Nasional