Dua Sekolah Sintang Wakili kalbar lomba UKS Tingat Nasional
Tgl: 27/06/2013 08:34 Reporter: Taufik Hidayat

KBRN, Sintang: Dua sekolah di Kabupaten Sintang mewakili Kalbar dalam lomba sekolah sehat tingkat nasional, Tim penilai sekolah sehat nasional meninjau Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Sintang dan Sekolah Dasar (SD) Negeri 5 Sintang untuk menilai dua sekolah perwakilan Kalbar dalam lomba sekolah sehat, Kamis (27/6/2013).

Tim Pembina usaha kesehatan sekolah (UKS) Provinsi Kalbar Kusnadi mengungkapkan penanaman pendidikan kesehatan bagi anak sangat penting dilakukan, sebab dengan penanaman pendidikan kesehatan sejak usia sekolah diyakini dapat menciptakan anak- anak yang sehat dimasa depan.

"Anak diberikan pemahaman tentang pelayanan kesehatan masyarakat, kesehatan gizi, termasuk penyuluhan tentang kesehatan reproduksi dan penyuluhan tentang bahaya narkoba yang membahayakan bagi kesehatan anak. Sehingga anak menjadi sehat dan cerdas," ujar Kusnadi.

Pembinaan terhadap lingkungan sekolah sehat menurutnya bukan hanya tanggung jawab Dinas pendidikan, akan tetapi semua SKPD, termasuk seluruh masyarakat. Sebab sekolah merupakan cikal bakal generasi muda indonesia.

"Saya ingin semua sekolah melakukan program UKS dengan benar, bila sekolah bisa menerapkan saya yakin kedepan kita akan dengan mudah menciptakan generasi yang kuat, sehat, dan cerdas," katanya.

Dia menuturkan Sintang termasuk daerah yang hebat sebab dua sekolahnya terpilih mewakili kalbar untuk tingkat nasional yang dinilai hari ini Dikatakannya ada empat sekolah yang mewakili kalbar dalam lomba sekolah sehat ini, yaitu TK di Kabupaten Kapuas Hulu, SMP 1 Seponti Jaya di kayong utara, dan SDN 5 dan MAN Sintang.

Bupati Sintang Milton Crosby mengungkapkan kesadaran manusia akan kesehatan semakin meningkat dan sudah menjadi bagian penting dalam kesehatan.

"Setidaknya dapat dilihat dari maraknya perubahan gaya hidup sehat yang dimulai dari keluarga, sekolah, dan lingkungan sekitar," ujar Milton.

Ia mengatakan sasaran utam pembinaan dan pengembangan hidup sehat dimulai pada anak usia sekolah, dengan harapan upaya pembinaan sedini mungkin dapat membentuk prilaku dan kebiasaan hidup sehat, sehingga akan membentuk pola pikir anak.

"Sehingga dengan sendirinya akan terbentuk, bahwa hidup sehat bukan lagi hal yang terpaksa harus dilakukan, akan tetapi menjadi sebuah kebiasaan," katanya.

Dikatakannya, pembinaan dan pengembangan usaha kesehatan sekolah sebagai upaya pendidikan dan dan kesehatan yang dilaksanakan secara terpadu sadar dan terencana.

"Lomba sekolah sehat yang dilaksanakn merupakan satu diantara rencana strategis nasional dibidang pembangunan kesehatan, dalam rangjka meningkatkan sumber daya Manusia agar cerdas, mandiri dan produktif," kata Milton.

Sementara itu Kepala MAN Sintang H Ulwan mengatakan MAN Sintang yang terpilih mewakili kalbar dalam lomba sekolah sehat tingkat nasional merupakan suatu prestasi.

"Tentunya keberhasilan dalam ajang perlombaan tak terlepas dari kerja keras, kerja ikhlas, kerja tuntas, kerja yang baik dan terkoordinir serta terukur. Baik internal maupun eksternal," katanya.(Taufik/AKS)


Komentar Anda:

copyright© 2012 Radio Republik Indonesia - Kantor Berita Radio Nasional