Gempa 5,4 SR Guncang Lombok, 1.000 Lebih Rumah Warga di KLU Rusak
Tgl: 23/06/2013 21:43 Reporter: Lalu Supriadi

KBRN, Mataram : Gempa bumi berkekuatan Magnitude 5,4 pada Skala Richter (SR) mengguncang sebagian Pulau Lombok, NTB, Sabtu, (22/62013), pukul 13.42 WITA. Gempa berpusat di 8.43 LS, 11.04 BT, atau sekitar 14 km Baratlaut perairan Lombok Barat.

Kejadian gempa bumi itu berlangsung cepat, sekitar 15 - 30 detik, dengan getaran merata dari ujung Barat Kabupaten Lombok Barat hingga merembet  mengguncang setengah dari daratan Kabupaten Lombok Utara.

Beruntung, kejadian gempa bumi itu tidak memakan korban jiwa. Namun, lebih dari 50 orang warga terluka, rata-rata di bagian kepala, patah tulang dan luka sobek pada tubuh karena dijatuhi materil bangunan.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulanghan Bencana (BPBD) Lombok Utara, Iwan Maret Asmara., kepada RRI beberapa jam setelah kejadian, menyebutkan, akibat kejadian itu sekitar 1.000 unit lebih rumah warga dan belasan fasilitas umum berupa rumah ibadah dan gedung sekolah yang tersebar di tiga kecamatan, rusak, terutama yang berada di wilayah perbukitan.

“Kejadiannya sangat cepat, hampir semua permukiman terkena, dan retak. Bahkan, setengah dari total jumlah warga di Kecamatan Pemenang, Tanjung, hingga Kecamatan Gangga, hancur dan rata dengan tanah,” ungkap Iwan.

Pihaknya pun langsung menyebar seluruh personil Tim Reaksi Cepat (TRC) dan Tim Siaga Bencana Daerah (TSBD) melakukan assessment serta mengevakuasi korban di seluruh lokasi di mana korban berada.

“Kita langsung menerjunkan semua personil dari TRC dan TSBD untuk segera assessment, mendata, sekaligus mengeluarkan seluruh logistik yang dibutuhkan para korban,” ujar Iwan Maret.

Terhadap kejadian gempa bumi itu, {emkab Lombok Utara langsung mendirikan puluhanan tenda di di masing-masing desa, sekaligus memberikan bantuan pengobatan dan bahan makanan kepada para korban.

Pihak BPBD Provinsi NTB juga segera turun memberikan bantuan. Bahkan, Danrem 162 Wira Bhakti dan Dandim 1606 Lobar beserta Kapolres Lombok Utara langsung terjun ke lokasi dan mengerahkan sejumlah personil untuk membantu para korban. (Lalu Supriadi/HF)


Audio


Komentar Anda:

copyright© 2012 Radio Republik Indonesia - Kantor Berita Radio Nasional