Tiga Kader Golkar Bakal Bertarung di Pilwako Pontianak
Tgl: 19/06/2013 01:27 Reporter: Boyke Sinurat

KBRN, Pontianak: 3 kader partai Golkar bakal bertarung dalam Pemilukada Kota Pontianak tahun 2013 yakni Zulkarnaen Siregar, Firman Muntaco dan Gusti Hersan Aslirosa. Ketiganya pun mengejar posisi yang sama yakni Walikota Pontianak.

Namun, Zulkarnain maju melalui jalur perseorangan dan telah mendaftar Jumat (14/6/13) lalu, sedangkan Firman dan Gusti Hersan maju melalui jalur politik. Keduanya pun mendaftar di hari yang sama, Selasa (18/6/13) atau di hari terakhir pendaftaran.    

Firman yang saat ini masih menjabat sebagai Bupati Melawi sekaligus Ketua DPD II Partai Golkar Melawi, menggandeng Erick Martio, Sekretaris DPC Partai Nasdem Kota Pontianak untuk maju dalam Pilwako Pontianak. Mereka diusung partai Golkar dan belasan parpol non kursi dan mengantongi sebanyak 47.600 suara. Jumlah tersebut melebihi syarat dukungan minimal yakni sebanyak 36.781 suara sah hasil Pileg 2009.

Firman yang juga Ketua MPW Pemuda Pancasila Kalbar ini mengatakan, siap bertarung untuk memperebutkan tampuk kepemimpinan di Kota Pontianak.

"Kita pun siap menerima kekalahan, asalkan proses Pemilukada berjalan sesuai aturan main," tegas Firman.

Sedangkan, Gusti Hersan Aslirosa yang tercatat sebagai Ketua Harian DPD I Partai Golkar Kalbar, menggandeng Kepala Satpol PP Kota Pontianak, Syarif Ismail Alqadrie untuk maju dalam Pilwako.

Mereka berdua diusung gabungan 6 parpol yakni PBR, PBB, PKB, Hanura, PKNU dan Partai Buruh dengan jumlah 11 kursi di DPRD Kota Pontianak atau 37.417 suara sah hasil Pileg 2009. Keduanya pun memenuhi syarat dukungan minimal untuk maju dalam Pilwako Pontianak.

Bagi Hersan, ini untuk kedua kalinya ia maju dalam Pilwako Pontianak. Tahun 2008 silam, Hersan yang kala itu menjabat Ketua DPRD Kota Pontianak menggandeng tokoh Tionghoa, Setiawan Liem sebagai Wakil Walikota, ternyata gagal memenangkan Pilwako.

Namun, untuk Pilwako tahun ini, ia berupaya keras untuk memenangkan pertarungan, meskipun diakuinya harus melalui perjuangan berat.

"Kita akan berupaya untuk menang, demi memajukan Kota Pontianak," terangnya  

Sementara itu, Zulkarnaen Siregar yang merupakan anggota DPRD Kalbar, menggandeng Paryono, seorang tukang bangunan untuk maju dalam Pilwako Pontianak.

Bersama pasangannya, Zulkarnaen mengklaim telah merancang strategi jitu untuk mendisain Kota Pontianak menjadi lebih maju dan mempunyai konsep untuk lebih memberdayakan masyarakat di ibukota Kalbar ini.

Kini ketiga politisi dari partai berlambang pohon beringin, tinggal menunggu penetapan dari KPU Kota Pontianak sebagai kandidat Pilwako.

Selanjutnya ketiganya akan bersaing dengan 3 pasangan calon lain, yakni Paryadi – Sebastian dan Incumbent Sutarmidji - Edi Rusdi Kamtono yang maju melalui jalur parpol. Serta 1 bakal pasangan calon dari persorangan, Iwan - Gunawan - Andreas Acui Simanjaya. (Boyke Sinurat/AKS)



Audio


Komentar Anda:

copyright© 2012 Radio Republik Indonesia - Kantor Berita Radio Nasional