Tak Penuhi Keterwakilan Perempuan Ditiap Dapil, Parpol Dicoret
Tgl: 10/06/2013 20:24 Reporter: Miftahol Umar

KBRN, Bangkalan : KPUD Bangkalan, Madura, Jawa Timur, akan mencoret bakal calon legislatif (Bacaleg) di salah satu Dapil (daerah pemilihan), apabila tidak memenuhi kuota keterwakilan perempauan melaui rapat pleno penetapan DCS (daftar calon sementara).

Divisi Tekhnis dan Data KPUD Bangkalan, Tajun Anwar menuturkan, parpol yang tidak memenuhi persyaratan keterwakilan bakal calon perempuan dari masing-masing Ddapil, akan dicoret oleh KPU.

Pasalnya, 30 persen keterwkilan perempuan juga akan mempengaruhi kelolosan Bacaleg di masing-masing dapil.

“Berdasarkan PKPU No. 7 sebagaimana diubah PKPU No. 13 Tahun 2013, masing-masing parpol harus mencalonkan perempuan dari tiap-tiap Dapil, jadi persyaratan 30 persen keterwakilan perempuan sudah menjadi syarat mutlak yang harus dipenuhi oleh masing-masing parpol, apabila tidak parpol itu dalam penetapan DCS akan di coret dalam dapil itu,” ungkapnya, Senin (10/6/2013).

Dijelaskan Tajul, di Kabupaten Bangkalan ada 6 dapil. Jika ada yang tidak memenuhi, maka keseluruhan caleg dari partai pengusung di tiap dapil dinila tidak memenuhi syarat.

“Saat in kami masih mengunggu rapat pleno untuk menentukan parpol mana saja yang masih tidak melengkapi keterwakilan perempuan itu,” pungkasnya. (Miftahol/DS/WDA)


Audio


Komentar Anda:

copyright© 2012 Radio Republik Indonesia - Kantor Berita Radio Nasional