Jumlah Pengguna Narkoba Setiap Tahun Makin Meningkat
Tgl: 09/06/2013 13:10 Reporter: Junaidi Nasri

KBRN, Banjarmasin : Estimasi jumlah masyarakat yang terindikasi ataupun berpotensi melakukan penyalahgunaan narkoba di Indonesia dan jumlahnya mencapai puluhan ribu orang.

Hal ini terungkap dalam sosialisasi Inpres RI nomor 12 tahun 2011, tentang pelaksanaan kebijakan dan strategi nasional pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan serta peredaran gelap narkoba (P4GN) di Aula Abdi Persada Pemprov Kalsel di Banjarmasin, Sabtu (8/6/2013).

Berdasarkan data BNNP Kalsel di tahun 2012, estimasi atau perbandingan jumlah masyarakat yang terindikasi ataupun berpotensi melakukan penyalahgunaan narkoba mencapai 52.472 orang atau 1,93% dari 2.723.700 orang masyarakat Kalsel.

Kepala BNNP Kalsel Kombes Agus Budiman B mengatakan  jumlah tersebut paling tidak di tahun 2013 ini harus ditekan atau jangan sampai mencapai 2%.

“Apabila jumlahnya mencapai angka tersebut,  maka Kalsel tidak bisa di sebut sebagai daerah bebas narkoba dan hal itu juga berlaku untuk seluruh Indonesia di tahun 2012 pihaknya sudah menangani kurang lebih 9 kasus narkoba dan kasus tersebut lebih ditekankan kepada bandar besar,” ungkap Kombes Agus Budiman, Minggu (9/6/2013).

Untuk kasus kasus narkoba yang sifatnya masih kecil pihaknya menyerahkan penanganannya ke pihak Polres ataupun Polda dan BNNP siap melakukan penindakan secara seriaus di tempat tempat yang selama ini berpotensi besar menjadi pintu masuk peredaran narkoba itu sendiri, mulai dari jalur lintas Kalimantan, jasa ekspedisi, cafe atau restro, terminal penumpang, rest area, parkir umum, tempat hiburan malam, hotel, kampus, kantor pemerintahan, pusat perbelanjaan, kost hingga lapas selama semua pihak dan mau mendukung mereka dalam memberantas peredaran narkoba itu sendiri. (Junaidi/WDA)


Komentar Anda:


copyright© 2012 Radio Republik Indonesia - Kantor Berita Radio Nasional