Pembangunan Fly Over Gatot Subroto Banjarmasin Capai 40 Persen
Tgl: 04/06/2013 12:32 Reporter: Fauzi Husaini

KBRN, Banjarmasin : Pengerjaan pembangunan fly over atau jembatan layang simpang 4 Gtot Subroto Banjarmasin sudah mencapai lebih dari 40 %.

Pembangunan fly over atau jembatan layang pertama di kota Banjarmasin yang panjangnya mencapai lebih dari 400 meter dengan anggaran ratusan milyar rupiah saat ini terus dikerjakan.

Jembatan layang tersebut dibangun dengan maksud untuk mengatasi kemacetan yang melanda kota Banjarmasin khususnya disekitar Jalan Ahmad Yani KM. 3,5 dan Simpang empat Gatot Subroto saat ini pengerjaan jalan layang tersebut sudah mencapai lebih dari 40 %.

Hal itu dijelaskan Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kalimantan Selatan Martinus kepada sejumlah wartawan di Banjarmasin, Selasa  (4/6/2013).

“Anggapan sebagian masyarakat yang menyatakan bahwa pembangunan fly over jalan ditempat kurang tepat mengingat proyek pembangunan fly over tersebut lebih banyak untuk pembangunan pondasi yang memiliki kedalaman mencapai 60 meter ke bawah tanah yang kemudian tiang pondasi tersebut diisi dengan ribuan kubik cor  beton sehingga tidak terlihat oleh masyarakat yang sering melintas disekitar lokasi proyek tersebut,” terang Martinus.

Martinus menambahkan untuk mengurangi kemacetan lalu lintas di fly over tersebut pemerintah juga akan melebarkan jalan disekitarnya sehingga nantinya kemacetan lalu lintas bisa berkurang.

Pelebaran jalan juga dimaksudkan untuk memperlancar proyek pembangunan jalan layang mengingat nantinya akan dibangun oprit jalan layang yang menggunakan ruang di tengah jalan yang cukup luas.

Sebagian ruas jalan yang akan dilebarkan berada diatas sungai yang akan dibangun dengan sistem panggung sehingga tidak akan mengganggu aliran sungai dibawahnya. (Fauzi/HF)


Komentar Anda:


copyright© 2012 Radio Republik Indonesia - Kantor Berita Radio Nasional