Seniman Sunda Bagikan Ratusan Totopong di HUT Bogor ke-531
Tgl: 03/06/2013 11:52 Reporter: Yofri Haryadi

KBRN, Bogor : Belasan seniman dan budayawan sunda memperingati Hari Jadi Bogor ke 531 yang jatuh pada hari Senin (3/6/2013) di halaman tugu Kujang Kota Bogor.

Mereka membagikan "totopong" atau kain berbentuk segi tiga bercorak batik yang di gunakan sebagai  ikat kepala. Selain menjadi identitas suku sunda totopong yang di bagikan gratis kepada pengguna jalan yang melintasi tugu kujang kota Bogor tersebut agar ingat hari jadi Bogor. Seniman dan Budayawan Sunda Dadang H Padmanagara mengatakan.

"Banyak warga Bogor yang tidak tahu jika 3 Juni ini adalah hari jadi Bogor, padahal usia Bogor lebih tua dari Jakarta dengan membagikan totopong mengingatkan kepada mereka bahwa ini hari jadi Bogor ke 531," ujarnya, Minggu (2/6/2013).

Lebih lanjut Dadang menambahkan totopong memiliki makna filosofis yaitu membungkus kepala agar tidak besar kepala dalam artian tidak sombong.

"Jadi dengan di bungkus kepalanya pake totopong mengingatkan agar manusia jangan jumawa, gumede dan senantiasa rendah hati," tutupnya. (Yofri/LL/HF)


Komentar Anda:


copyright© 2012 Radio Republik Indonesia - Kantor Berita Radio Nasional