Putra Megawati Wakili Keluarga Bung Karno Peringati Harlah Pancasila di Ende
Tgl: 01/06/2013 14:52 Reporter: Syarif Hasan Salampessy

KBRN, Ende : Putri sulung Bung Karno, Megawati Soekarno Putri berhalangan hadir dalam acara peringatan Hari Lahir Pancasila di Ende Nusa Tenggara Timur (NTT), Sabtu (1/6/2013). Keluarga Presiden pertama RI itu hanya diwakili putra Megawati, Mohammad Rizky Pratama.

"Kami mengucapkan banyak terima kasih kepada saudara Mohammad Rizky Pratama yang telah hadir disini mewakili keluarga," kata Ketua MPR Taufik Kiemas.

Selain Rizky, keluarga Bung Karno yang hadir disini adalah Kartika, putri Seokarno.

"Dari Ende sampai Bengkulu, Ibu Kartika ini mengikuti Bung Karno," kata Suami Megawati ini sambil cerita masa Bung Korno.

Pertemuan keluarga Bung Karno di Ende seolah mengingatkan sejarah masa lalu, ketika dia mengalami masa pengasingan oleh Belanda pada tahun 1934-1938. Bung Karno tinggal di sebuah rumah pengasingan di Jalan Perwira, Kelurahan Kotaratu, Kecamatan Ende Selatan, bersama keluarganya. Tempat ini telah menjadi situs sejarah.

"Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai sejarah," kata Pratama.

Mewakili pihak keluarga Bung Karno, Pratama mengapresiasi masyarakat Ende yang telah merawat dan memelihara situs-situs tersebut. Ada 10 situs Bung Karno di Ende, diantaranya rumah pengasingan, Teman Rendo, Immaculata tempat dipentaskannya tonil drama karya Bung Karno dengan tema-tema perjuangan.

Ada juga Masjid Ar-Rabithah, Gereja Katedral, Dermaga, Perpustakaan, Makam mertua Bung Karno Amsi, dan Pos Militer tempat Presiden pertama RI itu diserahkan kepada pemerintah setempat.

Selama masa pengasingan, Ende menjadi tempat inspirasi Bung Karno melahirkan gagasan tentang dasar-dasar kebhinekaan. Dia melakukan pertemuan dengan para pastor untuk kemudian merumuskan Pancasila sebagai dasar negara. (Syarif/DS/WDA)


Komentar Anda:

copyright© 2012 Radio Republik Indonesia - Kantor Berita Radio Nasional