12 Pelajar Nilai Tertinggi Dalam UN Raih Penghargaan dari Pemerintah
Tgl: 31/05/2013 18:10 Reporter: Besty Simatupang

KBRN, Jakarta: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh mengatakan bahwa pihaknya akan memberi hadiah bagi para siswa SMP sederajat yang lulus dengan nilai rata-rata Ujian Nasional (UN) murni tertinggi.

"Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) sudah memikirkan untuk memberi hadiah bagi anak-anak SMP berprestasi dengan nilai rata-rata UN murni tertinggi," kata M. Nuh pada jumpa pers di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, di Jakarta, Jumat (31/5/2013).

Menurut dia, setidaknya ada tiga jenis hadiah yang dipastikan pihak Kemdikbud untuk diberikan kepada para siswa SMP berprestasi itu, yakni piagam penghargaan, kepastian kesempatan masuk SMA terbaik, dan beasiswa.

"Untuk penghargaan, kami sudah kirim surat ke Presiden agar anak-anak SMP bernilai UN terbaik ini bisa mendapat piagam penghargaan dari Presiden. Kalau tidak dari Presiden, paling tidak dari Kemdikbud," ujarnya.

Selanjutnya, dia mengatakan pihaknya akan memastikan para siswa SMP dengan nilai UN tertinggi itu dapat lulus seleksi dan mendapat kesempatan besar untuk masuk SMA terbaik di wilayahnya masing-masing.

"Selain itu, mereka juga akan diberi beasiswa bila sudah diketahui SMA mana yang mereka tuju," kata Nuh.

Mendikbud mengumumkan 12 murid SMP sederajat dengan nilai rata-rata UN murni tertinggi untuk tahun ajaran 2012-2013, di mana tiga orang murid mendapat nilai 9,90. Berikut peraih nilai rata-rata UN SMP tertinggi:

  1. Stella Angelina dari SMP Kasih Karunia, Jakarta Barat dengan nilai 9,90
  2. Petra Julian Abigail dari SMP Tarakanita 4, Jakarta Timur juga dengan nilai 9,90
  3. Anak Agung Ayu Vira Sonia dari SMPN 1 Denpasar, Bali, juga mendapat skor 9,9
  4. Jessica Jane dari SMP Kristen 1 BPK Penabur, Jakarta Pusat, dengan nilai 9,89
  5. Shofiya Qurrotu A`Yunin dari MTS Negeri 1 Malang dengan nilai 9,85
  6. Cahaya Carla Bangsawan dari SMP Negeri 2 Bandarlampung dengan nilai 9,85
  7. Kirana Widiani Lestari dari SMP Negeri 85 Jakarta Selatan, dengan skor 9,84
  8. Setiati Nur Chasanah dari SMPN 1 Magelang juga dengan nilai 9,84

Ada 12 murid yang mendapat nilai rata-rata UN murni tertinggi, terdiri atas sembilan murid perempuan dan tiga murid laki-laki.

"Kita harus memberi penghargaan pada kaum perempuan yang semakin maju. Perempuan harus diakui kepandaiannya," ujar Mendikbud.(BCS/Ant)


Komentar Anda:

copyright© 2012 Radio Republik Indonesia - Kantor Berita Radio Nasional