Jalan Tembus Menuju Wisata Gunung Bromo Dibangun
Tgl: 28/05/2013 18:09 Reporter: Syam Putera

KBRN, Malang : Pemerintah Kabupaten Malang dalam meningkatkan kunjungan wisata kini telah berupaya untuk memberikan fasiltas yang terbaik bagi para wisatawan.

Hal ini dibuktikan dengan akan dibukanya jalan baru, tembus menuju wisata alam Gunung Bromo. Rute jalan baru itu melalui Desa Duwet, Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang, sepanjang 17 kilometer.

“Jalan baru yang akan kita bangun itu lebih dekat dari pada jalan lama melalui Desa Tulus Ayu yang masih masuk wilayah Kecamatan Tumpang, yakni sepanjang 24 kilometer. Saya harap jalan baru menuju wisata alam Gunung Bromo memudahkan wisatawan yang akan berwisata ke Gunung Bromo,” jelas Bupati Malang H Rendra Kresna, Selasa (28/5/2013), seusai menutup kegiatan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) ke X dan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK Ke 41 Tahun 2013, di lapangan olahraga Desa Duwek, Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang.

Dijelaskan, jalan baru menuju Gunung Bromo tersebut nantinya akan melewati tiga dusun, yaitu Dusun Petungsewu, Dampul, dan Magersari, setelah melewati tiga dusun itu, lalu masuk Dusun Jarak Ijo, Desa Ngadas, Kecamatan Poncokusumo. Dan dari desa terakhir itu maka wisatawan langsung turun ke padang pasir. Sedangkan dari Desa Ngadas hingga sampai ke Gunung Bromo hanya berjarak lebih kurang 7 kilometer.

"Pembangunan jalan baru menuju Gunung Bromo dari Desa Duwek, akan kita realisasikan pada tahun anggaran 2014 mendatang, lebar jalan 6 meter dengan panjang 17 kilometer," terangnya.

Namun, saat ini Pemkab telah melakukan perbaikan jalan di wilayah Desa Duwet dengan menghabiskan anggaran APBD sebesar Rp500 juta. (Syam/NGH/WDA)


Komentar Anda:

copyright© 2012 Radio Republik Indonesia - Kantor Berita Radio Nasional