LPP RRI Komitmen Membumikan Nilai-Nilai Pancasila
Tgl: 27/05/2013 12:42 Reporter: Sugandi

KBRN, Jakarta :  Lembaga Penyiaran Publik Radio Republik Indonesia kembali meneguhkan komitmennya untuk membumikan nilai-nilai Pancasila, melalui siaran khusus hari lahirnya Pancasila pada 1 Juni.

Penanggung jawab pekan kreatif, gelar budaya dan perayaan hari lahir Pancasila, Hasto Kuncoro mengatakan sejak tahun 1998 lalu, LPP RRI kerap menggelar kegiatan peringatan hari lahir Pancasila. Untuk tahun ini, peringatan akan digelar di Ende, Flores, Nusa Tenggara Timur.

"Mohon kiranya acara tanggal 1 Juni nanti bertepatan dengan peresmian situs  Bung Karno oleh Wapres Boediono kami ingin tekankan komitmen bahwa Pancasila adalah dasar negara kita,” kata   Hasto Kuncoro, dalam perbincangan bersama Pro3 RRI, Senin (27/5/2013).

Dua situs itu yakni Rumah Pengasingan, dan Taman Rendo. Ende merupakan tempat pengasingan Bung Karno. Dalam kondisi terasing itulah, Bung Karno merumuskan nilai-nilai Pancasila.  Hasto menyebut masyarakat Ende adalah Pancasilais sejati.

Pada peringatan hari lahir Pancasila di Ende tahun lalu, ia mengaku terharu dengan jiwa nasionalisme masyarakat Ende. Setelah acara dialog dan renungan malam,  anak-anak muda dengan membawa obor berteriak-teriak ‘Kembalikan Pancasilaku, kembalikan Pancasilaku, kembalikan Pancasilaku’.

“Saya yakin itu bukan rekayasa guru-guru”.

Dalam acara peringatan hari lahir Pancasila nanti, akan digelar sejenis pertunjukan kesenian Tonil.

Tonil bercerita tentang jiwa kepahlawanan dan diciptakan oleh Bung Karno. Sebenarnya tokoh-tokoh masyarakat di Ende ingin mementaskan kesenian Tonil namun belum mendapat izin restu dari keluarga Bung Karno.

Barulah izin dari Guruh Soekarnoputra selaku perwakilan keluarga Bung Karno turun setelah Hasto meyakinkan agar Tonil bisa dipentaskan. (Sgd/WDA)


Audio


Komentar Anda:

copyright© 2012 Radio Republik Indonesia - Kantor Berita Radio Nasional