RepublikInter.net Diluncurkan, Portal Informasi Berbasis Geospasial
Tgl: 20/05/2013 20:04 Reporter: Heri Firmansyah

KBRN, Jakarta : Sisfo Indonesia meluncurkan portal RepublikInter.net, sebuah situs informasi dan pendidikan mengenai segala hal tentang Indonesia. Acara pengenalan portal ini berlangsung di Gedung Cyber 1, Jl. Kuningan Barat, Jakarta Selatan, Senin (20/5/2013), bertepatan dengan momentum Hari Kebangkitan Nasional.

Staf Ahli Menkominfo, Cahyana Ahmadjayadi, menuturkan, pihaknya sangat mendukung kehadiran portal yang dapat menjadi alternatif dalam membantu proses pembelajaran untuk mencapai bangkitnya Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di Indonesia saat ini.

“RepublikInter.net diharapkan sebagai solusi Indonesia,” ujarnya, di sela-sela menghadiri acara soft launching RepublikInter.net.

Turut hadir pada acara itu antara lain Komisaris Utama PT Sisfo Indonesia Zen Rosdy Nur dan Direktur Utama Sisfo Indonesia Nirwan Harahap.

Cahyana menjelaskan, terdapatnya sejumlah proposisi terkait dengan memasuki era baru dan peradaban digital, antara lain bahwa moral dan etika yang positif dan konstruktif adalah prasyarat terwujudnya masyarakat madani yang berbasis ilmu pengetahuan.

Sementara itu, Komisaris Utama Sisfo Indonesia, Zen Rosdy Nur, menjelaskan, tujuan dibentuknya RepublikInter.net adalah agar masyarakat pengguna dapat menghayati betapa besar dan luasnya Tanah Air Indonesia yang terbentang dari Aceh hingga Papua, serta dapat juga membandingkannya dengan negara-negara lainnya. Portal ini juga menyajikan berita, informasi dengan basis Geospatial Information System (GIS), peta (map).

“Tujuan sederhananya adalah kami ingin memberikan kemudahan dalam pencarian informasi tentang situasi terkini dari lokasi yang diinginkan, serta mengetahui posisi dari sumber berita atau objek yang dicari,” terangnya.

Menurut dia, situs berita, informasi dan modul yang ada di RepublikInter.net akan menjadi sarana pembelajaran bagi para pembacanya sesuai dengan kebutuhan.

Sementara itu, Direktur Utama PT Sisfo Indonesia Nirwan Harahap, menambahkan, sebagai tahap awal RepublikInter.net memiliki beragam konten yang menarik. Saat ini, dapat diakses antara lain News on the Map, Live Events, Weather Information, Assets Information and Monitoring, Multi Maps, dan Leadership Simulation. (Heri.F/WDA)


Audio


Komentar Anda:


copyright© 2012 Radio Republik Indonesia - Kantor Berita Radio Nasional