Lion Air Solo - Jakarta Delay 9 Jam, Penumpang Kecewa
Tgl: 20/05/2013 09:49 Reporter: Ciptati Handayani

KBRN, Solo: Para penumpang pesawat Lion Air rute Solo – Jakarta, sempat uring-uringan dan kecewa, menyusul pesawat itu mengalami keterlambatan (delay), sekitar 9 jam.

Sebanyak 169 penumpang kecewa, karena tidak mendapat penjelasan pasti, mengenai penyebab keterlambatan pesawat yang akan mengangkutnya ke Jakarta pada hari Minggu (19/5/2013).

Seharusnya pesawat dengan nomor penerbangan JT 535 berangkat pada pukul 13.45, namun baru bisa terbang pada pukul 22.00 WIB malam.

Asisten Manajer Operasional Pelayanan PT Angkasapura I Bandara Adisumarmo Solo, Rini Sri Rahayu, ketika dikonfirmasi RRI, mengatakan, cukup wajar jika penumpang kecewa karena harus menunggu lama untuk bisa terbang ke Jakarta. Hingga akhirnya, pada pukul 22.00 penumpang diangkut dengan pesawat Lion JT 530, yang baru tiba dari Jakarta pukul 20.47.

Disebutkan, Lion Air JT 535 terlambat terbang ke Jakarta, karena mengalami gangguan cara kerja mesin Pressurize ( tekanan  udara  di cabin menurun).

Pesawat Lion JT 535 mengalami gangguan pada system tekanan udara, jadi harus diperbaiki. Karena perbaikan belum selesai, maka pesawat Lion JT 530 dari Jakarta yang seharusnya groud (menginap) di Bandara Adisumarmo Solo, akhirnya kembali lagi ke Jakarta membawa penumpang yang mengalami delay,“ jelas Rini, Senin pagi (20/5/2013).

Ditambahkan oleh Rini, atas keterlambatan pesawat Lion tersebut, sebagian penumpang membatalkan penerbangan, hingga tercatat sebanyak 126 penumpang plus 1 (anak-anak/bayi) yang tetap terbang ke Jakarta pada malam itu. Penumpang, sebanyak itu, juga mendapatkan hak-haknya sesuai Peraturan Menteri Perhubungan, yakni selain mendapatkan makan, juga kompensasi sebesar Rp 300 ribu per orang dalam bentuk voucher.

“Hak-hak penumpang tetap diberikan, sesuai peraturan delay diatas 3 jam, Jadi semuanya lancer,” ujarnya.

Sementara itu pesawat Lion yang mengalami kerusakan, terus dikebut perbaikannya, sehingga tetap ready dan digunakan untuk penerbangan pertama pada Senin pagi (20/5) pukul 06.10 dari Solo ke Jakarta.

“Alhamdulillah semua lancar, tidak mengganggu jadwal penerbangan di Bandara Adisumarmo,” imbuh General Manejer PT Angkasapura I Bandara Adisumarmo Solo Abdullah Usman. (Ciptati Handayani/YY)


Komentar Anda:

copyright© 2012 Radio Republik Indonesia - Kantor Berita Radio Nasional