Iwan-Acui Pasangan Independen Pertama Daftar ke KPU Pontianak
Tgl: 19/05/2013 21:57 Reporter: Boyke Sinurat

KBRN, Pontianak : Pasangan bakal calon walikota dan wakil walikota dari jalur perseorangan Iwan Gunawan-Andreas Acui Simanjaya Minggu (19/5/2013) siang, menyerahkan daftar dukungan ke KPU Pontianak, yang membuka pendaftaran di Hotel Mahkota, untuk memenuhi syarat maju dalam Pilwako Pontianak 2013.

Kedatangan mereka diiringi anggota keluarga serta puluhan pendukung, dan diterima Ketua beserta 4 anggota KPU Kota Pontianak.

"Kita optimis dapat lolos verifikasi dan menjadi salah satu kandidat Pilwako Pontianak, lantaran telah mendapatkan dukungan 34.627 pendukung, melebihi syarat minimal yakni sebanyak 26.410 ribu," ujar Iwan saat ditemui di sela-sela pendafaran.

Iwan mengaku terpaksa memilih jalur perseorangan untuk maju dalam Pilwako Pontianak, meskipun sebenarnya tercatat sebagai kader salah satu parpol besar, karena kecilnya peluang di partai tersebut.  

Sementara itu, Ketua KPU Kota Pontianak Viryan Azis mengatakan, Iwan Gunawan-Andreas Acui Simanjaya tercatat menjadi bakal pasangan calon perseorangan pertama yang menyerahkan daftar dukungan.

"Untuk memastikan jumlah dukungan, kami akan menghitung langsung fotocopy KTP maupun kartu identitas lain dari pendukung seperti yang tercatat di daftar dukungan," terang Viryan.

Ditambahkan Viryan, Jika jumlah dukungan di atas syarat minimal sebanyak 26.410 ribu maka berkas dukungan diterima. Selanjutnya daftar dukungan diserahkan ke PPS melalui PPK untuk melakukan verifikasi administrasi.

"Tahapan berikutnya adalah verifikasi faktual dengan melakukan pemeriksaan langsung dor to dor ke rumah pendukung sesuai yang tercantum dalam daftar pemilih," jelasnya.       

Viryan menyebutkan selain Iwan-Acui, ada 2 pasangan calon perseorangan lain yang akan  menyerahkan dokumen daftar dukungan.

"1 bakal pasangan calon telah menginformasikan untuk mendaftar Senin (20/5/2013) besok, namun 1 bakal pasangan belum memberikan informasi yang jelas," pungkasnya. (Boyke/WDA)


Audio


Komentar Anda:

copyright© 2012 Radio Republik Indonesia - Kantor Berita Radio Nasional