Kodam VI Mulawarman Segera Bangun 11 Pos Baru di Perbatasan
Tgl: 19/05/2013 13:28 Reporter: Fauzi Husaini

KBRN, Banjarmasin : Pemerintah akan membangun 11 unit pos pengawasan baru di wilayah teritorial Kodam VI Mulawarman yang berbatasan langsung dengan Malaysia.

Teritorial Kodam VI Mulawarman yang meliputi Kalimantan Timur dan Kalimantan Selatan memiliki fungsi pertahanan dan keamanan yang sangat strategis, karena sebagian di antaranya berbatasan langsung dengan Malaysia.

Panjang garis batas indonesia dan malaysia yang diawasi Kodam VI Mulawarman mencapai lebih dari 1.000 kilometer. Untuk itulah, pemerintah tahun ini akan membangun 11 unit pos baru untuk pengawasan perbatasan tersebut.

“Saat ini sudah ada 29 pos lama yang ditempati 1 bataliyon pasukan TNI dari berbagai kesatuan yang ditugaskan secara bergiliran sehingga masih terdapat celah yang kosong dan tidak terawasi karena jumlah pos perbatasan masih relatif sedikit,” ungkap Kapendam VI Mulawarman, Kolonel (Inf) Legowo, kepada RRI di Banjarmasin, Sabtu (18/5/2031).

Menurutnya, pembangunan 11 unit pos baru tersebut untuk pengawasan perbatasan yang lebih intensif, sekaligus meminimalisir kemungkinan terjadinya tindakan negatif dari siapa saja, seperti pelanggaran batas negara, penyelundupan miras dan narkoba dan lain sebagainya.

Apabila pembangunan pos tersebut dapat diselesaikan, berarti sampai dengan akhir 2013 mendatang sudah terdapat 40 unit pos pengawasan perbatasan di wilayah Kodam VI Mulawarman, sehingga jumlah personil TNI yang akan mengawasi nantinya bisa lebih banyak, mencapai 2 batalyon.

Kapendam menambahkan, untuk memperkuat pasukan TNI yang ada di perbatasan, rencananya juga akan dibangun 1 skuadron helikopter di Berau guna memudahkan dinamisasi dan mobilisasi pasukan TNI untuk menjaga dan mengawasi kedaulatan negara, khususnya di wilayah teritorial Kodam VI Mulawarman. (Fauzi/HF)


Komentar Anda:


copyright© 2012 Radio Republik Indonesia - Kantor Berita Radio Nasional