Dua Bakal Calon Walikota Madiun Serahkan Berkas ke KPU
Tgl: 18/05/2013 19:06 Reporter: Eka Wulan

KBRN, Madiun : Memasuki masa berakhirnya pendaftaran Bakal Calon Walikota dan Bakal Calon Wakil Walikota Madiun oleh Komisi Pemilihan Umum, yang dibuka sejak 13-19 Mei 2013, baru ada 2 pasangan calon yang mengembalikan formulir berkas pendaftaran ke KPU.

Kedua pasangan bacawali dan bacawawali tersebut yakni Muchid Sutono-Karni (Murni) dari jalur Perseorangan dan pasangan Incumbent Bambang Irianto-Sugeng Rismiyanto (Ba-Ris jilid II) yang diusung dari partai Demokrat, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Amanat Nasional (PAN).

Bakal Calon Peserta Pemilukada Kota Madiun, Bambang Irianto menjelaskan berkas yang diserahkan ke KPU sudah lengkap, hanya saja softcopy pas Foto bacawali dan bacawawali belum dilampirkan dalam berkas tersebut, karena sebelumnya tidak ada pemberitahuan atau informasi dari KPU kepada masing-masing bakal calon, sehingga pasangan Incumbent akan menyerahkan persyaratan tersebut pada Minggu, 19 Mei menjelang batas akhir penutupan pendaftaran pukul 16.00 WIB.

“Persayaratan pendaftaran sudah saya serahkan kepada KPU, alhamdulillah tidak ada kekurangan berkas, Cuma KPU kemarin lupa menyampaikan softcopy Pas Foto jadi besok (minggu.red) saya serahkan, jadi bukan kesalahan kami, tapi salahnya KPU sendiri, ada berkas yang harus disampaiakan tapi KPU tidak mengumumkan, jadi incumbent tidak kurang berkasnya, semua sudah komplit,” ujarnya usai menyerahkan berkas, Sabtu (18/5/2013).

Sementara itu, Ketua KPU Kota Madiun, Sasongko mengungkapkan pasangan Muchid Sutono-Karni menyerahkan berkas pendaftaran sekitar pukul 09.00 WIB bersama ratusan massa pendukung, sedangkan pasangan Bambang Irianto-Sugeng Rismiyanto datang ke KPU sekitar pukul 13.00 WIB dengan pengawalan ketat petugas kepolisian, dan juga dikawal ratusan pendukungnya.

Sasongko mengungkapkan, berkas pendaftaran yang diserahkan kedua pasangan bacawali dan bacawawali tersebut masih kurang, rata-rata belum ditandatangani dan kurang materai. Sasongko menjelaskan, tidak aturan terkait softcopy pas Foto hanya saja pihaknya meminta kepada masing-masing bakal calon, hal itu dilakukan untuk mempermudah pencetakan di KPU.

“Prinsipnya, berkasnya sudah kita terima semua, Cuma disitu mungkin kurang tanda tangan, materai  itu nanti pada masa perbaikan akan segera dilengkapi. Kita minta softcopy pas foto ke semua calon untuk mempermudah pencetakan saja, sehingga sosialisasi kita kedepannya lebih mudah,” paparnya.

Sesuai jadwal, Pelaksanaan pengambilan dan pengembalian formulir pendaftaran bakal calon peserta pemilukada Kota Madiun akan ditutup pada 19 Mei 2013, tahapan selanjutnya akan dilakukan verifikasi baik verifikasi administrasi maupun faktual oleh KPU dimulai 20 Mei hingga 9 Juni 2013 mendatang. (Eka/WDA)


Audio


Komentar Anda:


copyright© 2012 Radio Republik Indonesia - Kantor Berita Radio Nasional