Melalui Film, Anak Autis Berkarya
Tgl: 24/05/2013 15:00 Reporter: Sugandi

KBRN, Jakarta : Bioskop tanah air akan diramaikan dengan kehadiran kisah nyata tentang perjuangan perjuangan anak-anak yang hidup dengan autism berjudul I’m Star. Film edukasi ini diperankan langsung oleh anak-anak autis dan akan tayang secara serempak  diseluruh bioskop Indonesia pada 4 Juli 2013 mendatang.

Penulis naskah dan sutradara I’m Star Damien Dematra menghadirkan alur cerita yang akan mampu menguras emosi penonton. Kisah film ini berawal dari Kehidupan Mella yang diperankan oleh Natasha Dematra. Mella adalah  Ketua OSIS SMA yang dikenal gaul dan populer.

Kehidupan Mella  mendadak berubah drastis ketika sekolahnya kedatangan murid-murid baru yang berkebutuhan khusus. Mella mulai mengenang adiknya yang diduga autis, dan  meninggal dalam kecelakaan mobil. Tokoh anak-anak autis diperankan langsung Arya, Abhy, Shinta, dan Ervitha, yang memang memiliki kebutuhan khusus.

Lantas Mella menjadi dekat dengan  para remaja berkebutuhan khusus tersebut. Kehadiran para remaja autis membuat canggung para guru, namun para guru tidak memiliki banyak pilihan, kecuali harus menerima murid berkebutuhan khusus karena adanya Peraturan Menteri.

Orang tua Mella, khususnya Mama Mella yang diperankan Anna Tarigan,  yang biasa hidup dalam rasa apatis pun menentang keras, Mella bergaul dengan anak-anak autis. Namun Mella tetap gigih memperjuangkan hak-hak anak autis agar lingkungan mau menerima keberadaan anak autis.

Sulit menunjukkan perasaan mereka yang sesungguhnya, para remaja berkebutuhan khusus pun berekspresi melalui musik. Ya, musik merupakan dunia yang tidak pernah membedakan keadaan dan kondisi  anak manusia.

Arya dan kawan-kawannya yang memiliki kebutuhan khusus membentuk band yang dinamakan I’m Star. Melalui musik mereka menunjukan eksistensinya sebagai bagian masyarakat yang harus diperlukan sama dengan anak-anak normal lainnya.

Film ini sebelumnya telah dieksibisikan di MIPCOM Cannes, Perancis dan American Film Market  (AFM)  di Los Angeles AS pada 2012 yang lalu.  

Sebelumnya dalam dialog bersama Pro3 RRI pada  2 April 2013 lalu, Dewi Semarabawa dari Yayasan I’ m Star Autism Supported Parents menjelaskan film ini akan tayang secara serempak di bioskop seluruh Indonesia pada 4 Juli mendatang. Sebelum tayang dibioskop, film ini diputar secara terbatas di kampus-kampus atau instansi. 

“Dibulan ini kami menayangkan film I’m star. Film ini ikut dibintangi oleh empat remaja berkebutuhan khusus,” kata  Dewi Semarabawa. (Sgd/WDA)


Audio


Komentar Anda:

copyright© 2012 Radio Republik Indonesia - Kantor Berita Radio Nasional