Tanaman Obat Untuk Menghilangkan Batu Ginjal
Tgl: 15/05/2013 11:33 Reporter: Yopi Yacob

KBRN, Jakarta: Mengenal aneka tanaman obat tradisional yang berkhasiat untuk menghilangkan batu ginjal. Pada masyarakat tradisional, ketika mereka menderita penyakit batu ginjal atau penyumbatan pada saluran kemih, mereka pergi ke kebun untuk mencari beberapa tanaman yang dipercaya bisa mengobati batu ginjal.

Tanaman herbal yang mereka cari adalah akar alang-alang, daun alpukat, tanaman tempuyung, kumis kucing dan keji beling.  Berkaca pada keberhasilan nenek moyang kita dalam memerangi batu ginjal tanpa operasi, para peneliti melakukan beberapa penelitian mengenai kandungan tanaman-tanaman ini.

Hasilnya, ternyata pada tanaman herbal tersebut mengandung kadar kalium atau potassium tinggi yang bersifat diuretik. Fungsinya adalah mencegah terbentuknya batu ginjal dan melarutkan batu ginjal bersama urine.

Berikut ini uraian mengenai beberapa jenis tanaman obat yang berkhasiat menghilangkan Batu Ginjal

1. Tanaman Kumis Kucing

Masih ada herbal lain yang terkenal sebagai pengusir batu ginjal yakni kumis kucing (Orthosiphon aristatus BI.Miq). Herbal dari keluarga Labiate ini disebut demikian gara-gara benang sari bunganya panjang mirip kumis kucing. Dari percobaan terhadap 23 pasien penderita batu kandung kemih, setelah minum rebusan kumis kucing, 40% dari mereka ukuran batunya menurun hingga ½ cm, sedangkan yang 20% hilang rasa sakitnya.

Besar kemungkinan karena daun kumis kucing kaya kalium (100 g daun kumis kucing mengandung kalium 631 mg), saponin, dan glikosida orthosiphon yang mampu melarutkan garam-garam fosfat, urat, dan oksalat yang membatu.

2. Daun Alpukat

Daun Alpukat bersifat Direutik atau Anti bakteri. Khasiat daun alpukat biasa digunakan nenek moyang kita untuk meluruhkan batu ginjal. Berikut ini cara pengobatan batu ginjal dengan daun alpukat:
- Ambil 7 lembar daun alpukat segar dengan 110 ml air.
- Dibuat infus atau diseduh. Diminum 2 kali sehari tiap pagi dan sore. Setiap kali minum 100 ml.

Nah, itulah beberapa tanaman herbal yang berkhasiat menghilangkan batu ginjal. (YY/Info Kesehatan/AKS)


Komentar Anda:


copyright© 2012 Radio Republik Indonesia - Kantor Berita Radio Nasional