Indonesia 30 Tahun Kedepan Akan Jadi 7 Negara Besar Dunia
Tgl: 12/05/2013 00:56 Reporter: Imam S

KBRN, Madiun:  Banyak analis yang kredibilitasnya diakui dunia, memperhitungkan Indonesia akan menjadi negara raksasa dan masuk menjadi tujuh besar dunia dalam 30 tahun kedepan.

Dengan pertumbuhan ekonomi 6 persen setiap tahun, Indonesia akan menjadi kekuatan baru yang sangat dahsyat, dalam menguasai ekonomi sosial dan politik.

Demikian dikatakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhammad Nuh saat meresmikan Politeknik Negeri Madiun, Sabtu (11/5/2013). Dikatakan, pada tahun 2030 nanti, akan muncul the greater of China, the greater of India dan ketiga the greater of Indonesia, dengan alasan negara tersebut memiliki potensi sumber daya manusia atau penduduk yang sangat banyak.

Muhammad Nuh mengatakan, Indonesia pernah berjaya didunia pada abad ke 7, semasa kerajaan Sriwijaya, dan dari siklus 7 abad pada abad ke 21, yakin Indonesia akan kembali berjaya.

“Pada saat 100 tahun Indonesia merdeka, pada abad ke 21 yatu siklus 7 abad berikutnya lagi, insyaAllah kita akan menjadi negara besar, asalkan satu syaratnya, pada saat nanti kita menjadi negara besar, pada tahun 2030 paling tidak kita membutuhkan paling tidak 130 juta tenaga terampil.Tapi kalau kita tidak bisa men suply 130 juta itu, maka persaratan pertumbuhan tadi agak susah kita capai. Disinilah mengapa jauh-jauh di Madiun, kita dirikan Politeknik Negeri, untuk mempersiapkan 130 juta itu," kata Muhammad Nuh.

Pendirian Politeknik Negeri di Madiun, menurut Mendikbud Muhammad Nuh, juga untuk pemerataan fasilitas pendidikan di Jawa Timur, yang selama ini terpusat di Surabaya dan Malang.

Sementara itu wakil Walikota Madiun Sugeng Rismianto mengatakan berdirinya Politeknik yang dirintis sejak 9 tahun lalu dan akhirnya menjadi Perguruan Tinggi Negeri, akan melengkapi kota Madiun menjadi kota Pendidikan di Jawa Timur bagian barat, selain berdirinya Akademi Perkereta Apian yang pertama di Indonesia.  (Imam S)


Komentar Anda:


copyright© 2012 Radio Republik Indonesia - Kantor Berita Radio Nasional