Dirjen PAUD Kemendikbud TatapMuka dengan Guru TK dan Bunda PAUD
Tgl: 09/05/2013 23:32 Reporter: Hadi Budhi S

KBRN, Sabang: Pertemuan tersebut diadakan di Aula BAPPEDA Kota Sabang, dihadiri Walikota, Kadisdik, Bunda PAUD, puluhan guru TK dan Bunda PAUD se-Kota Sabang siang tadi. Pada kesempatan itu, Kadisdik Kota Sabang, Drs. Misman, dalam laporannya dihadapan Dirjen Pendidikan Anak Usia Dini Informal dan Nonformal Kemendikbud, Prof. Dr. Lydia Freyani Hawadi Psikolig, dan Walikota Sabang, Zulkifli H Adam, menyampaikan bahwa jumlah Lembaga PAUD di Kota Sabang saat ini berjumlah 26 dan Taman Kanak-kanak 17 yang tersebebar di 18 desa dengan tenaga pengajar berjumlah 181 orang.

"Jumlah guru di  satu TK Pembina Negeri Kota Sabang berjumlah 59 PNS. Jadi bila dihitung secara rasio untuk satu sekolah TK Negeri berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan tenaga guru  TK tersebut telah melebihi," ungkapnya (9/5/2013). Namun demikian berdasarkan peraturan dan Surat Keputusan Menteri, Sabang termasuk daerah khusus di daerah perbatasan pulau terluar dan terpencil. "Sehingga untuk jenjang SD SMP, 75% gurunya mendapat dana khusus. Untuk di tahun 2013 diberikan kuota dari pusat itu 410 guru, mendapat dana khusus sebesar satu bulan gaji pokok," tambahnya.

Penerima dana khusus untuk jenjang guru PAUD di Sabang hanya satu orang, di kesempatan itu Misman meminta agar Dirjen PAUD dapat juga mengalokasikan dana khusus tersebut kepada guru PAUD Non PNS yang ada di Sabang. Sementara itu, Dirjen PAUD Informal dan Nonformal Kemendikbud, Prof. Dr. Lydia Freyani Hawadi Psikolig, memberikan apresiasi kepada seluruh Guru TK dan Bunda-bunda PAUD.

Prof. Dr. Lydia memberikan sejumlah bantuan dana penyegaran diantaranya bantuan dana Operasinal PAUD sebesar 360 juta rupiah untuk 26 Lembaga PAUD masing-masing mendapatkan 7,2 juta rupiah, bantuan membangun 4 unit PAUD masing-masing sebesar 45 juta rupiah, dana penguatan 26 Lembaga PAUD sebesar 25 juta rupiah dan bantuan alat permainan edukatif. Selain itu, ia juga akan memperjuangkan nasib status dan tunjangan para bunda-bunda PAUD. (HBS/AKS)


Audio


Komentar Anda:


copyright© 2012 Radio Republik Indonesia - Kantor Berita Radio Nasional