70 Caleg Wanita Siap Bersaing di Pemilu Legislatif Bukittinggi
Tgl: 07/05/2013 17:04 Reporter: Yudi Prama Agustino

KBRN, Bukittinggi: Persaingan memperebutkan kursi DPRD Bu­kittinggi bakal berlangsung ketat. Pasalnya dari 25 kursi yang bakal diperebutkan, tercatat 281 calon legislatif (caleg) yang berminat, yang telah mendaftarkan diri ke KPU Bukitinggi melalui 12 partai politik (parpol) peserta Pemilu 2014 men­da­tang. Hebatnya, dari 281 caleg tersebut sekitar 70 orang adalah wanita.

Data yang diperoleh di KPU Bukittinggi, dari 12 parpol peserta Pemilu 2014, hanya tiga parpol yang kurang calegnya dari yang ditetap­kan sebanyak 25 caleg, atau seba­nyak 100 persen dari kursi yang diperebutkan. Partai dimaksud adalah PDIP hanya sebanyak 17 caleg, Hanura 23 caleg dan PKPI 14 caleg. Sisanya, memenuhi kuota, termasuk kuota perempuan, yakni 30 persen dari jumlah caleg yang diajukan masing-masing parpol.

Menurut Koordinator Bidang Tehnis KPU Bukittinggi Masdiwar, kecuali PDIP, Hanura dan PKPI, semua parpol peserta Pemilu 2014 lengkap calegnya, yakni sebanyak 25 caleg atau 100 persen kursi yang diperebutkan di DPRD Bukittinggi sebanyak 25 kursi yang terbagi pada tiga daerah pemilihan (Dapil).

“Dapil dimaksud adalah Dapil I Kecamatan Mandiangin Koto Sela­yan (MKS) sebanyak 10 kursi, Dapil II kecamatan Aua Birugo Tigo Baleh (ABTB) sebanyak 6 kursi dan Dapil III Kecamatan Guguak­pan­jang (GP) sebanyak 6 kursi. Dari tiga Dapil tersebut PDIP hanya lengkap di Dapil III, semen­tara di Dapil I hanya enam Caleg dan Dapil II hanya dua caleg, “jelasnya kepada RRI Selasa (7/5/2013)

Demikian juga dengan Hanura dan PKPI. Dari tiga Dapil, Hanura hanya lengkap calegnya di dua Dapil, yakni Dapil III dan Dapil I. Sementara pada Dapil II, kurang dua caleg. Sedangkan PKPI hanya lengkap pada Dapil II. Sisanya yang mendaftar hanya 5 caleg untuk Dapil I dan 5 caleg untuk III, sehing­ga kalau diakumulasi jumlah caleg yang mendaftar sebanyak 281 caleg. “Tapi yang cukup menggembirakan dari 281 caleg tersebut, sekitar 70 orang adalah wanita,” ujarnya.

Masdiwar mengatakan, hasil verifikasi para caleg sudah selesaikan dilaku­kan, dan bakal diserahkan ke parpol masing-masing besok (hari ini, red) untuk dilengkapi hingga 22 Mei 2013. Setelah masing-masing par­pol melengkapi, lalu dilakukan verifikasi terakhir oleh KPU, sehing­ga keluarlah daftar calon tetap (DCT), yang berhak mengikuti Pe­milu 2014.

Terpisah, Panitia Pengawas Pe­milu (Panwaslu) Bukittinggi Ruzi Hariyadi, menegaskan, agar parpol peserta Pemilu 2014 mem­berikan contoh berpolitik yang baik dan bersih kepada masyarakat, sehingga pemilu jurdil dan luber bisa terlaksana.

Caranya? salah satu langkah yang dilakukan Panwaslu untuk mencapai pemilu jurdil dan luber saat ini adalah dengan melakukan pe­ngawasan pendaftaran DCS ke KPU sebagai upaya memberantas per­buatan yang akan mencederai ja­lannya Pemilu. “Untuk itu Pan­waslu akan menjalin kerjasama dengan KPU di setiap kegiatan apa saja, supaya pengawasan dapat berjalan dengan baik,” ujarnya. (Yudi PA/AKS)

 


Komentar Anda:

copyright© 2012 Radio Republik Indonesia - Kantor Berita Radio Nasional