KPU Umumkan Hasil Verifikasi Bakal Caleg 2014
Tgl: 07/05/2013 13:17 Reporter: Rahmat Zein

KBRN, Jakarta: Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI hari ini telah  mengumumkan hasil verifikasi bakal  calon anggota legislatif (Bacaleg) DPR RI. KPU menyerahkan hasil verifikasi kepada partai politik peserta pemilihan umum 2014 untuk diperbaiki. Tenggat waktu untuk memperbaiki adalah 9-22 Mei 2013.

Ketua KPU Husni Kamil Manik mengatakan dalam proses verifikasi, KPU menemukan 24 nama bakal calon anggota legislatif yang ganda. Daftar nama ganda itu meliputi, satu nama bakal caleg, dengan daerah pemilihan yang sama namun dicalonkan oleh dua partai politik.

Selain itu didapati, satu nama dengan dapil yang berbeda namun dicalonkan oleh partai politik yang sama. Berdasarkan temuan KPU daerah, didapati pula bakal caleg mendaftar untuk tingkat DPR namun juga mendaftar sebagai bakal caleg DPRD kabupaten/ kota.

“Parpol diberi kesempatan untuk menyempurnakan dokumen yang tidak memenuhi syarat , nanti ada keterangan detail,” kata Husni Kamil Manik, dalam penjelasannya dihadapan perwakilan partai politik, Selasa (7/6/2013).

KPU, ujar Husni, tidak memiliki kewenangan untuk mencoret, mengganti bakal caleg. Dalam proses revisi oleh parpol, juga diberi kesempatan untuk merubah nomor urut calon dan dapil.

Ia memastikan daftar calon sementara sama dengan daftar calon anggota legislatif.  “Daftar calon sementara sebagaimana UU Nomor 8 tahun 2012 didefinisikan sama dengan daftar calon tetap kecuali ada masukan dari masyarakat sehingga mempengaruhi maka dapat diganti atau yang bersangkutan meninggal dunia. Diluar dua faktor itu, tidak bisa diperbaiki”.

Selanjutnya verifikasi terhadap perbaikan daftar calon dilaksanakan dari 23 Mei sampai 29 Mei 2013. Penyusunan dan penetapan DCS dilakukan 30 Mei sampai 12 Juni 2013.

Ia mengimbau agar perbaikan disesuai dengan aturan milik KPU. “Perbaikan sesuai dengan ketentuan dan memenuhi syarat seperti peraturan KPU Nomor 7 tahun 2013 juntho peraturan KPU Nomor 13 tahun 2013,” jelasnya. (Sgd/Zein/AKS)


Audio


Komentar Anda:

copyright© 2012 Radio Republik Indonesia - Kantor Berita Radio Nasional