RRI-Radio dan Televisi Timor Leste, Perkuat Kerjasama Siaran
Tgl: 07/05/2013 10:14 Reporter: Sugandi

KBRN, Jakarta :  Lembaga  Penyiaran Publik Radio Republik Indonesia (LPP RRI) memiliki misi memperkuat program siaran di wilayah perbatasan untuk menjaga kedaulatan NKRI.

Salah satu realisasi untuk mewujudkan misi tersebut yaitu dengan ditandatanginya nota kesepahaman  atau memorandum of understanding  (MoU) antara LPP RRI dengan  Radio dan Televisi Timor Leste (Radio Televisao de Timor Leste-RTTL).

Kuasa Usaha Ad Interim Kedutaan Besar Republik Indonesia di Dili Timor Leste Mahendra menjelaskan ada empat alasan kuat kerjasama RRI-RTTL perlu direalisasikan. Pertama, Indonesia-Republik Demokratik Timor Leste, memiliki Komisi Kebenaran dan Persahabatan (KKP). Implementasi dari kerjasama tersebut adalah sosial dan budaya untuk mendukung people to people.

“Saya melihat kerjasama ini memenuhi hal itu , baik pertukaran berita olahraga,  musik atau hal lain yang digemari masyarakat,” kata Mahendra, dalam perbincangan bersama Pro3  RRI, Selasa (7/5/2013).

Kedua, Indonesia juga memiliki komitmen untuk membantu Timor Leste dalam mempercepat pembangunan di negara itu. Selama tiga tahun terakhir, terdapat 89 program yang diikuti oleh 937 orang masyarakat Timor Leste. Program tersebut berupa beasiswa, pelatihan, magang, workshop dan join riset.

Ketiga, kunjungan Menteri Badan Usaha Milik Negara Dahlan Iskan ke Timor Leste pada awal tahun 2013, disebutkan perusahaan BUMN Indonesia tidak hanya mencari keuntungan semata. Ada 10 perusahaan BUMN Indonesia di Timor Leste diantaranya Merpati Air Lines, PT Pertamina, Bank Mandiri, Angkasa Pura, dan Succofindo.

“Terakhir yang bergabung adalah LPP RRI”. Dan alasan terakhir adalah dibidang ekonomi.

“Jadi saya rasa empat dasar dilihat dari aspek apapun, penandatangan LPP RRI dengan RTTL, cukup kuat,” tegasnya. (Sgd/WDA)


Audio


Komentar Anda:

copyright© 2012 Radio Republik Indonesia - Kantor Berita Radio Nasional