BPBD NTB Identifikasi Kerugian Putting Beling di Lombok Barat
Tgl: 06/05/2013 12:54 Reporter: Ahmad Yani

KBRN, Mataram: Badan Penanggulangan Bencana Daera (BPBD) Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) hingga kini masih melakukan verifikasi kerugian akibat bencana putting beliung didusun Beleke Desa Babussalam Kecamatan Gerung Kabupaten Lombok Barat Minggu sore.

Sekretaris BPBD NTB H. Ali A Rahim Senin (6/5/2013) mengatakan, angin putting beliung yang menerjang puluhan rumah didesa itu terjadi sekitar pukul 16.00 Wita.

Berdasarkan data sementara dari BPBD setempat, 4 rumah dilaporkan rusak berat dan 16 rumah diantaranya rusak ringan. Namun untuk memastikan laporan itu, pihaknya saat ini tengah melakukan verifikasi langsung dengan menerjunkan Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD NTB.

“Kami masih melakukan verifikasi dulu sampai saat ini berapa kerugian dari bencaa alam itu, kami terjunkan tim TRC nanti bekerjasama dengan BPBD Lombok barat. Mudah-mudahan tidak cukup parah,” ungkapnya.

Menurut Ali Rahim, BPBD NTB ingin memastikan kerusakan yang terjadi dan nilai kerugian yang dialami korban, sehingga bisa diberikan bantuan perbaikan sesuai dengan kebutuhan sebenarnya.

Pasalnya, berdasarkan aturan yang ada, bantuan sosial untuk korban bencana berasal dari kabupaten/kota, Provinsi dan Pusat, tergantung dari tingkat kerusakan yang dialami korban.

Untuk itu, pihaknya terus melakukan koordinasi dengan pemerintah lombok barat, khususnya BPBD setempat sehingga pemberian bantuan bisa segera dilakukan.

“Koordinasi kami terus jalin dengan BPBD lobar dan dinas sosial, Alhamdulillah tidak ada korban jiwa dalam bencana alam itu. Kami juga terus  berikan edukasi kepada masyarakat agar tetap waspada terhadap kemungkinan bencana yag timbul,” ujarnya. (Ahmad Yani/YY)


Audio


Komentar Anda:


copyright© 2012 Radio Republik Indonesia - Kantor Berita Radio Nasional