Realisasi Konversi Mitan ke Gas LPG 3 Kg Diperkirakan Akhir Mei 2013
Tgl: 03/05/2013 17:48 Reporter: Gafar

KBRN, Kendari : Program konversi minyak tanah ke gas LPG 3 kg untuk wilayah Sulawesi Tenggara, diperkirakan terealisasi akhir mei 2013, dengan jumlah kuota lebih dari 214.000 paket tabung gas.

Kepala bidang Migas, kelistrikan dan Sumber daya alam Dinas ESDM Sulawesi Tenggara, Andi Azis, mengatakan, dari enam daerah yang diusulkan, pemerintah pusat hanya menyetujui 3 daerah, yang mendapat jatah tabung gas gratis, yakni, Kota Kendari, Kabupaten Konawe Utara dan Kabupaten Konawe Selatan.

“Setiap paket tabung gas, juga dibagikan satu buah kompor gas beserta selang regulator,” Jelas Andi Azis kepada RRI, Jumat (3/5/2013).

Setelah program konversi berjalan sekitar 80 persen, secara bertahap, pemerintah mulai mengurangi kuota Bahan Bakar minyak tanah bersubsidi di tingkat masyarakat.

Menurut rencana, PT Pertamina mulai mendistribusikan tabung gas LPG 3 Kg ke masyarakat, akhir mei atau awal juni 2013.

Jika Program Konversi Minyak Tanah Ke Gas LPG mulai berjalan, Tahun ini, Dinas ESDM Sulawesi Tenggara, kembali mengusulkan empat daerah, untuk mendapat jatah tabung gas LPG 3 Kg, yakni Kabupaten Buton Utara, Kota Baubau, Kabupaten Muna dan Wakatobi.

Pemerintah Pusat, melalui Konsultan yang telah dibentuk, juga terus melakukan sosialisasi di tingkat masyarakat, mengenai kemudahan penggunaan gas LPG, karena selama ini, sebagian masyarakat, enggan menggunakan Bahan Bakar Gas untuk keperluan Rumah tangga.

Sasaran program Konversi Minyak Tanah ke Gas LPG 3 Kg, digunakan oleh seluruh masyarakat yang belum memiliki tabung gas. (Gafar/HF)


Audio


Komentar Anda:


copyright© 2012 Radio Republik Indonesia - Kantor Berita Radio Nasional