BKKBN Jatim Berkoordinasi kendalikan Pertumbuhan Penduduk
Tgl: 27/04/2013 17:03 Reporter: Farida Chusnia

KBRN, Surabaya : Selain bertanggungjawab terhadap penyelenggaraan Keluarga Berencana, Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Jawa Timur juga terus berupaya mengendalikan laju pertumbuhan penduduk.

Terkait kependudukan, aspek kuantitas, kualitas dan pengarahan mobilitas serta persebaran penduduk sesuai dengan daya dukung alam dan daya tampung di setiap wilayah terus diperhatikan. Sehingga untuk merealisasikannya, Kepala Perwakilan BKKBN Jawa Timur Djuwartini mengungkapkan saat ini pihaknya tengah berkoordinasi dengan Koalisi Kependudukan.

"  26-27 April saya mengikuti Rakernas Koalisi Kependudukan di Makassar," ujarnya singkat.

Kepala Perwakilan BKKBN Jawa Timur Djuwartini mengungkapkan di tahun ini, berbagai masalah kependudukan akan sangat mempengaruhi kinerja pembangunan. Djuwartini menyebutkan isu penting seperti pemenuhan kebutuhan dasar, terutama masalah ketersediaan dan penjagaan kestabilan pangan khususnya beras, akan terus mengemuka dalam kelangsungan pembangunan.

Selain itu, isu ketersediaan lapangan kerja, khususnya bagi kelompok usia muda, memerlukan pelatihan dan penanganan serius agar tidak menimbulkan masalah yang krusial di masa depan. Kedua isu tersebut, jelas Djuwartini, merupakan masalah utama kependudukan yang perlu ditangani dengan pendekatan komprehensif, holistik dan tidak parsial.  (Farida/Rio/BCS)


Komentar Anda:

copyright© 2012 Radio Republik Indonesia - Kantor Berita Radio Nasional