Ombudsman Jatim Usut beredarnya Kunci Jawaban UN
Tgl: 25/04/2013 15:39 Reporter: Dodik Pratama

KBRN, Surabaya : Ombudsman Republik Indonesia (ORI) Perwakilan Jawa Timur akan melakukan pengusutan terkait beredarnya kunci jawaban Ujian Nasional (UN) yang terjadi di wilayah Mojokerto dan Surabaya.

Menurut Agus Widiyarta, Kepala Perwakilan ORI Jawa Timur, pihaknya siap dan akan melakukan koordinasi dengan pihak Kepolisian Mojokerto dan Surabaya serta Dewan Pendidikan dalam pengusutan beredarnya kunci jawaban UN.

ORI Jatim sendiri, kata Agus, telah melakukan investigasi atas beredarnya kunci jawaban UN di Mojokerto. Dari hasil investigasi ditemukan adanya indikasi kebenaran atas beredarnya kunci jawaban UN.

Agus menambahkan, selama pelaksanaan UN tingkat SMA dan SMP Sederajat di wilayah Jatim, pihaknya menemukan beberapa temuan, di antaranya kesalahan pendistribusian soal dan beredarnya kunci jawaban UN.

Dinas Pendidikan Kabupaten Mojokerto dinilai tidak kooperatif terhadap permintaan ORI Perwakilan Jawa Timur terkait temuan 20 paket kunci jawaban UN di sejumlah sekolah yang ada di Kecamatan Soko dan Puri .

Agus Widiyarta, Kepala Perwakilan ORI Jawa Timur, menuturkan, hasil dari investigasi dan wawancara dengan siswa yang dilakukan oleh ORI Jatim, kebocoran kunci jawaban UN benar adanya, namun ORI terkendala untuk melakukan pencocokan kunci jawaban UN tersebut dengan soal UN karena dilarang oleh pengawas ujian eksternal.

Menurut Agus, hasil temuan kebocoran kunci jawaban UN di Surabaya dan Mojokerto akan disampaikan ke Ombudsman Pusat agar bisa menjembatani kendala, terutama di tingkat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (Dodik/Titik/HF)


Komentar Anda:


copyright© 2012 Radio Republik Indonesia - Kantor Berita Radio Nasional