Dari 560 Nama-nama DCS, PKPI Hanya Menyerahkan 511 Nama
Tgl: 22/04/2013 14:55 Reporter: Puspita Ayu

KBRN, Jakarta: Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) mengakui proses panjang agar lolos menjadi peserta pemilihan umum 2014, telah menguras energi dan waktu kader akibatnya partai besutan Sutiyoso, dari 560 nama-nama daftar calon legislatif sementara (DCS), PKPI baru menyerahkan nama-nama calon anggota legislatif sebanyak 511 orang.

“Ya proses panjang untuk sampai menjadi peserta Pemilu 2014. Dan keterbatasan waktu,” kata Ketua Umum PKPI Sutiyoso, di gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU) di Jalan Imam Bonjol, Senin (22/4/2013).

 

Sebelumnya, PKPI dinyatakan tidak lolos oleh KPU sebagai peserta pemilu 2014 mendatang. KPU tidak meloloskan partai Sutiyoso karena tidak memenuhi syarat seperti keterwakilan perempuan di Provinsi Sumatera Barat dan Kabupaten Kendal. Dalam putusan Bawaslu, ditegaskan sesuai dengan Undang-Undang No. 8 Tahun 2012 Tentang Pemilu Legislatif DPR, DPD, dan DPRD pasal 8 ayat 2 huruf (e), bahwa keterwakilan perempuan pada kepengurusan hanya di tingkat pusat.

 

Kemudian PKPI membawa sengketa ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu). Dalam gugatan adjudikasi, Bawaslu meloloskan PKPI namun KPU kukuh tidak meloloskan PKPI, hingga akhirnya Pengadilan Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara (PTTUN) Jakarta, memenangkan Sutiyoso.

 

Sutiyoso pernah meminta agar KPU memperpanjang waktu untuk penyusunan DCS, namun ditolak.  Sutiyoso berjanji akan melengkapi kekurangan  DCS. Hingga hari terakhir penyerahan DCS, partai yang sudah menyerahkan daftar DCS yaitu Partai Keadilan Sejahtera, Partai Golongan Karya, Partai Hati Nurani Rakyat, Partai Demokrat, Partai Amanat Nasional, Partai Bulan Bintang, dan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan. (Sgd/Puspita/AKS)


Audio


Komentar Anda:

copyright© 2012 Radio Republik Indonesia - Kantor Berita Radio Nasional