Bangun NTT Melalui Spirit ANGGUR MERAH
Tgl: 19/04/2013 15:52 Reporter: Geby Hurek Making

KBRN, Ende. Anggaran Untuk Menuju Masyarakat Sejahtera ( Anggur Merah ) yang diluncurkan Pemerintah Propoinsi Nusa Tenggara Timur sejak tiga tahun lalu, telah berdampak memberikan  perubahan tata ekonomi masyarakat di Propinsi Nusa Cendana - NTT. 

Menurut Gubernur NTT, Drs Frans Lebu Raya, program Anggur Merah, akan terus menjadi spirit membangun Daerah ini, karena Anggur Merah, memiliki sejumlah dampak ikutan, selain meningkatkan taraf ekonomi masyarakat, juga sekaligus membuka lapangan kerja dan mengentaskan kemiskinan Daerah.

Anggur Merah dengan program kucuran dana satu desa pada satu Kecamatan, disertai pendampingan dari kelompok Sarjana, dirasakan telah memberikan perubahan.

Meski demikian, lanjut Frans Lebu Raya, pada tahun anggaran 2013 ini, dihadapan peserta Musyawarah pembangunan Tingkat Propoinsi, Frans Lebu Raya menyeruhkan agar progran yang menjadi Spirit Membangun Daerah ini, akan dimaksimalkan dengan menambah jumlah desa di setiap Kecamatan, tidak lagi satu desa, akan tetapi menjadi 4 desa setiap Kecamatan

Kalau dulunya, pola rekrutmen menggunakan pola Kecamatan, maka kini harus menggunakan pola Desa. Artinya, setiap empat desa dalam satu Kecamatan, dijatah satu Desa. Misalnya, satu Kecamatan dengan 20 Desa, maka akan ada 5 Desa yang terbantu melalui program Anggaran Untuk Menuju Masyarakat Sejahtera,tandas Frans Lebu Raya. Ini akan lebih cepat mencapai tujuuan program. Akan lebih banyak Desa penerima bantuan.

Tahun 2011 lalu, Pemerintah Propinsi telah mengalokasikan setiap Desa Anggur Merah dana bantuan, sebesar Rp. 250. juta perdesa untuk 287 Desa Kelurahan di NTT dan naik menjadi 298 Desa di tahun 2012 setelah terjadi pemekaran sejumlah Desa.

Program Pembangunan Desa melalui  Anggaran Untuk Menuju Masyarakat Sejahtera- Anggur Merah, dimulai  Pemerintah Propinsi NTT sejak tahun 2008 lalu.

Harapan Gubernur Frans Lebu Raya itu disampaikannya di Ende,  Rabu, 17 april 2013,  ketika melantik dan mengambil Sumpah Jabatan Sekertaris Daerah Kabupaten Ende yang baru, drg Dominikus Minggu Mere, M.Kes, menggantikan Drs Yos Ansa Rera yang memasuki usia purna tugas. Setelah acara pelantikan, Gubernur Frans Lebu Raya meninjau langsung sejumlah Desa penerima dana Anggur Merah di kota Ende. (geby/BCS)


Audio


Komentar Anda:


copyright© 2012 Radio Republik Indonesia - Kantor Berita Radio Nasional