Tiga Imigran Rohingya Kabur Dari Lokasi Penampungaan
Tgl: 18/04/2013 17:16 Reporter: Gandhi Luqmanto

KBRN, Jember : Tiga orang imigran asal Rohingya Myanmar berhasil kabur dari tempat penampungan sementara di Hotel Sulawesi, Kelurahaan Kebonsari, Jember, Kamis (18/4/2013).

Ketiga imigran yang melarikan diri masing-masing atas nama Kamrul, Mamun dan Ashadur. Mereka berhasil kabur dari kamar 115 tempat mereka ditampung setelah  merusak kaca nako dan melompati tembok pembatas hotel setinggi  kurang lebih 4 meter.

Salah satu petugas Hotel Sulawesi, Sukir mengatakan kejadian tersebut diketahui petugas hotel pada pukul 01.30 WIB dini hari tadi, ketiga imigran melompati dinding pembatas hotel yang bersebelahan dengan pemukiman penduduk.

"Awalnya ada enam imigran tapi hanya tiga yang berhasil meloloskan diri menuju ke barat, Petugas sudah berusaha mengejar namun lebih dulu ketiganya melompati tembok pembatas sementara ketiga imigran lainnya berhasil digiring kembali ke kamarnya," ungkap Sukir.
 
Terkait kejadian itu, Kepala Kantor Imigrasi Jember Mujiantoro mengatakan pihaknya langsung memindahkan ketiga imigran yang diketahui akan kabur ke kamar atas yaitu kamar 209 berdekatan dengan kamar petugas.

"Kita pindahkan mereka ke kamar lain agar mudah dipantau, selain itu kita juga menambah personil sekitar 8 orang dari imigrasi dibantu 20 personil kepolisian," terangnya ditemui RRI, Kamis (18/4/2013).

Sementara ketiga imigran yang berhasil kabur berjenis kelamin laki-laki  memiliki ciri -ciri badan tinggi besar, wajah timur tengah agak seperti India, hidung mancung dan mereka berkomunikasi menggunakan bahasa Melayu.
 
Mujiantoro menghimbau kepada masyarakat jika menemui para imigran yang kabur tersebut dengan ciri-ciri yang disebutkan segera menghubungi petugas kepolisian terdekat ataupun petugas imigrasi. (Gandhi Luqmanto/LL/BCS)


Audio


Komentar Anda:

copyright© 2012 Radio Republik Indonesia - Kantor Berita Radio Nasional