Siswa SMA N 1 Sokaraja Ikuti Uji Kompentensi Membatik
Tgl: 17/04/2013 19:34 Reporter: Robin Abdulrahman

KBRN, Purwokerto : Sebanyak 263 siswa dari SMAN 1 Sokaraja Banyumas Jawa Tengah, mulai hari Senin (15/4) hingga Kamis (18/4) mengikuti ujian kompentensi membatik di Balai Latihan dan Ketrampilan (BLK) Batik Surahmi Sokaraja.

Ke-263 siswa ini adalah siswa kelas 11, yang harus mengikuti uji kemampuan membatik, setelah mereka mendapatkan pelajaran membatik selama dua tahun.

Wakil Kepsek Kurikulum SMAN 1 Sokaraja Suharjiman mengatakan, uji kompentensi ini sebagai bagian untuk mengetahui kemampuan anak didiknya, yang telah mengikuti pelajaran membatik sejak kelas 10 hingga kelas 11.

"Uji kompentensi ini sebagai upaya mendapatkan sertifikat membatik, selain itu sebagai upaya mengetahui kemampuan siswa dalam membatik," kata Suharjiman di Sokaraja, Rabu (17/4/2013).

Menurutnya, SMAN 1 Sokaraja satu-satunya sekolah di Banyumas yang mencantumkan batik sebagai mata pelajaran resmi dalam kurikulumnya. Dengan alasan sekolah ini berada ditengah-tengah sentra perajin batik di Banyumas, bahkan Sokaraja pernah terkenal dengan batiknya.

Lanjutnya untuk mendapatkan sertifikat dan uji yang independent pihak sekolah bekerjasama dengan BLK Batik Surahmi Sokaraja. Untuk melakukan Uji kompentensi dan juga penelitian.

Sementara itu, ketua BLK Batik Suharmi Hariyono Effendi mengatakan pihaknya melakukan empat penilaian sebelum memberikan sertifikasi yakni penguasaan teori, desain batik, tahapan membatik dan finishing.

"Penilaian didasari atas kemampuan terori, desain batik, tahapan membatik dan finishing," kata Hariyono di sela-sela menunggu siswa SMAN 1 Sokaraja membatik, di BLK Batik Suharmi Sokaraja.

Ia menambahkan, untuk proses membatik yang diujikan selaian batik tulis juga batik cap. Uji kompentensi ini merupakan kegiatan pertama yang dilakukan oleh SMA di Banyumas, nantinya siswa yang dinyatakan lulus akan mendapatkan sertifikat dari BLK Batik Suharmi. (Robin/LL/HF)


Komentar Anda:

copyright© 2012 Radio Republik Indonesia - Kantor Berita Radio Nasional