Gelar Teknologi Pertanian di BP4KP Sintang Diikuti 14 Kecamatan
Tgl: 15/04/2013 16:43 Reporter: Taufik Hidayat

KBRN, Sintang :Para petugas Penyuluh Lapangan (PPL) 14 Kecamatan di Kabupaten Sintang ambil bagian dalam Gelar Teknologi Pertanian yang dilaksanakan di halaman Kantor Badan Pelaksana penyuluh Pertanian, Perikanan, Kehutanan dan Ketahanan Pangan (BP4KP) Kabupaten Sintang, Senin (15/4/2013).

Kepala BP4KP Kabupaten Sintang Florentinus Anum mengatakan, gelar teknologi ini merupakan ajang para PPL untuk berkreatifitas mengembangkan teknologi pertanian sederhana  yang ada dilingkungan sekitarnya.

“Teknologi yang di kembangkan para PPL ini merupakan teknologi terapan dengan memanfaatkan potensi daerah, sehingga ketika petani mengimplentasikannya teknologi ini tidak mengalami kesulitan baik pemilihan spare part maupun sumber energinya,” kata Florentinus Anum kepada RRI, Senin (15/4/2013).

Gelar teknologi ini lebih mengedepankan kearifan lokal yang ada di lingkungan para petani, sehingga bukan teknologi tinggi namun teknologi sederhana yang mudah dikuasai oleh para petani.

“Kalau zaman dahulu untuk mengusir hama tikus dengan rendaman jengkol, bukan obat obatan kimia seperti sekarang, sehingga dengan  mencium baunya saja tikus terusir dengan sendirinya. Dalam penilaian nantinya akan lebih mengutamakan pada kemudahan bahan baku dan teknologi yang simpel yang dapat di lakukan oleh para petani,” lanjut Anum.

Gelar teknologi pertanian ini juga di harapkan dapat menjawab tantangan zaman yang serba canggih dan dapat menggali sumber-sumber energi sederhana yang ada  di sekitar sebagai energi, sehingga tidak selalu mengandalkan teknologi tinggi yang memerlukan energi BBM yang kian mahal dan langka.

“Kalau kita melihat disini ada PPL yang mengembangkan  teknologi sederhana yang hemat tenaga, seperti mesin perontok padi yang menggunakan pedal kaki sehingga tidak memerlukan, BBM namun hasil yang di peroleh sempurna dan dapat mempercepat proses pengerjaan hasil pertanian,” terang Anum.

Anum juga mengatakan, para PPL merupakan ujung tombak pertanian dalam suksesnya swasembada pangan di Sintang, sehingga teknologi pendukung petani ini agar terus di ciptakan sehingga target Indonesia Swasembada Pangan 2014 dapat tercapai.

Kabupaten Sintang merupakan daerah yang cukup potensial dalam melakukan modifikasi teknologi pertanian dan pernah meraih juara IV nasional dalam Gelar Teknologi Pertanian tingkat nasional.

Tim Penilai dalam gelar teknologi pertanian ini terdiri dari Badan Pengkajian Teknologi Pertanian Provinsi Kalimantan Barat, Bapeda Sintang dan BP4KP Sintang. (Taufik/HF)


Komentar Anda:

copyright© 2012 Radio Republik Indonesia - Kantor Berita Radio Nasional