Pemkab Sorong Peduli Terhadap Petani
Tgl: 11/04/2013 09:48 Reporter: Joharman Silaen

KBRN, Sorong: Kendati hasil panen tidak sesuai yang diharapkan para petani di Kabupaten Sorong beberapa tahun belakangan ini, namun dari tahun ke tahun perhatian pemerintah daerah melalui Dinas terkait terhadap  petani selalu meningkat.

Pernyataan tersebut disampaikan Ketua Kelompok Tani Maju Amin ketika dikonfirmasi media ini pada acara menghitung tingkat produksi padi tanam pertama tahun 2013, Selasa (9/4/2013 ).

Perhatian pemerintah daerah tersebut, kata Amin, yaitu tentang penyediaan air untuk mengelolah lahan persawahan bila musim kemarau, karena  petani padi di kabupaten Sorong hanya menggunakan tadah hujan tanpa ada irigasi perairan atau waduk  yang memadai.

Dari perhatian pemerintah itu, ke depan, tanam maupun panen tercapai karena sudah dibantu pemerintah daerah dengan membangun sumur sumur air, bahkan saat ini pemerintah sedang membangun dam air dari sungai yang disekat-sekat mempergunakan alat pompa untuk menyalurkannya.

Menjawab tentang curah hujan yang tidak menentu menurut Amin, para petani menghindari musim panen pada bulan  Mei, Juni, Juli dan Agustus karena pada bulan tersebut adalah musim hujan yang  curah hujannya sangat tinggi.

"Dengan sumur-sumur yang dibuat pemerintah bisa membantu. Sekarang dibuatkan dam-dam parit dari kali disekat-selat dengan pompa," terang Amin.

Hal yang perlu kata Amin, bila  pemerintah menjadikan Kabupaten Sorong menjadi lumbung padi Tahun 2014, perhatian serius dari pemerintah terhadap petani ditingkatkan ,sebab kalau diimbangi dengan perairan dan  penyuluhan secara aktif maka  kwalitas padi maupun hasilnya bisa menghasilkan 4 ton lebih per hektar. (Jos/AKS)


Audio


Komentar Anda:


copyright© 2012 Radio Republik Indonesia - Kantor Berita Radio Nasional