Pemda Sintang Tak Miliki Database Pertambangan
Tgl: 09/04/2013 14:37 Reporter: Taufik Hidayat

KBRN, Sintang : Meskipun Sintang memiliki kekayaan alam yang berlimpah ruah namun, sampai saat ini belum bisa meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat dengan  memberikan kontribusi terhadap Pendapatan Asli Daerah, khususnya potensi tambang yang ada bumi senentang.

Kondisi tersebut disebabkan karena Pemerintah Kabupaten Sintang belum memiliki database pertambangan yang sudah beroperasi di Kabupaten Sintang. Dengan alasan sampai saat ini belum ada pertambangan yang masuk ke Kabupaten Sintang.

Kepala Dinas Pertambangan Kabupaten Sintang Syamsul Hadi, mengatakan bahwa sampai saat ini pihaknya belum memiliki database pertambangan yang sudah beroperasi di Kabupaten Sintang.

“Sampai saat ini memang sudah ada perusahaan pertambangahn yang sudah memiliki izin usaha pertambangan, namun mereka baru sebatas izin eksplorasi atau baru sebatas penelitian dan waktu penelitian ini membutuhkan waktu 5-10 tahun. Tapi kalau untuk izin setingkat eksploitasi sampai saat ini belum ada dikabupaten sintang,“ ujarnya, Selasa (9/4/2013).

Terkait dengan pertambangan zirkon yang sudah beroperasi satu tahun di wilayah sungai ringin kabupaten sintang tersebut menurut syamsul bahwa perusahaan tersebut masih setingkat ekplorasi.

“Yang dilakukan perusaahan tambang zirkon disungai ringin itu juga masih setingkat eksplorasi bukan eksploitasi, mereka hanya melakukan pengeboran untuk mendeteksi potensi kandungan yang ada dibawah sana, dan saya kira pun mereka itu tidak akan melanjutkannya lagi  karena potensi yang dicari sangat rendah dibandingkan dengan biaya operasional yang tinggi,“ jelas Samsul Hadi.

Syamsul juga mengatakan, masalah operasional pertambangan zirkon sungai ringin saat ini tidak menentu lagi karena faktor cuaca.

“Saat ini merekapun operasinya kempang-kempis juga yang dalam arti jika air surut pihak perusahaan baru bisa melakukan penambangan, namun jika air sungai pasang maka akan susah beroperasi, selain faktor air yang deras juga banyak kayu yang hanyut,“ ujarnya.

Ia juga menerangkan bahwa izin yang dikeluarkan oleh Dinas Pertambangan Kabupaten Sintang kepada perusahaan pertambangan Zirkon tersebut hanya satu jenis kegiatan. (Taufik/WDA)


Komentar Anda:

copyright© 2012 Radio Republik Indonesia - Kantor Berita Radio Nasional