KA Ekonomi Jadi Pilihan Masyarakat untuk Berlibur
Tgl: 31/03/2013 06:10 Reporter: Ciptati Handayani

KBRN, Solo: Angkutan umum kereta api kelas ekonomi (KA) pada masa long weekend Paskah kali ini, tetap menjadi pilihan masyarakat dalam melakukan perjalanan menikmati liburan.

Harga tiket yang murah, maka tiket untuk KA ekonomi Bengawan jurusan Solo Jakarta sudah habis terjual sejak tanggal 20 Maret sampai 5 April mendatang.

Kepala Stasiun Kereta Api Solo Jebres, Eksam Puji Santosa mengatakan, calon penumpang sudah mulai merencanakan melakukan pemesanan tiket jauh hari, sehingga wajar, jika masa libur panjang akhir pekan ini, tiket sudah habis terjual. 

“Tiket KA ekonomi untuk gerbong non AC, sudah habis dipesan caon penumpang, hingga 5 April. Sedangkan untuk  gerbong AC ekonomi, tiket habis hingga 31 Maret, karena untuk penjualan bulan April belum di running oleh kantor pusat”, ungkapnya, kepada RRI, Sabtu ( 30/3/2013).

Disebutkan, rangkaian KA ekonomi sudah maksimal teridiri 11 gerbong, 9 diantaranya gerbong penumpang, sehingga meski arus penumpang cukup ramai, maka tidak ada penambahan gerbong. “Dari 9 gerbong penumpang itu, 3 diantaranya untuk gerbong ekonomi AC dan 6 lainnya ekonomi biasa non AC, masing-masing berkapasitas sebanyak 106 tempat duduk”, ujarnya.

Tidak ada kenaikan harga tiket untuk masa ramai penumpang, kecuali untuk gerbong  komersial, ekonomi AC. Tiket KA ekonomi non AC, seharga Rp 37 ribu, sedangkan gerbong AC menyesuaian tarif batas atas, menjadi Rp 150.000, naik dari akhir pekan biasa Rp 130.000 dan hari-hari diluar akhir pekan hanya Rp110 ribu.

Sementara itu Pejabat Humas PT KAI Daop 6 Jogyakarta, Sri Winarto menambahkan, pada masa long weekend, penambahan gerbong hanya diberlakukan untuk KA kelas eksekutif dan bisnis meliputi Argo Lawu dan Argo Dwipangga tujuan Solo Jakarta serta KA LOdaya Solo Bandung, sebanyak satu sampai dua gerbong. (Ciptati/YY/AKS)


Komentar Anda:

copyright© 2012 Radio Republik Indonesia - Kantor Berita Radio Nasional