Pilgub NTB 2013, KPU Siapkan 8.924 TPS
Tgl: 14/03/2013 15:11 Reporter: Hayatun Sofian

KBRN, Mataram : Pelaksanaan Pemilihan Umum Gubernur dan Wakil Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) tinggal menghitung hari. Berbagai tahapan dan persiapan guna menyukseskan pelaksanaan pemilihan kepala daerah tersebut terus dilakukan KPU NTB.

Salah satu persiapan tersebut diantaranya adalah Tempat Pemungutan Suara (TPS). Jumlah TPS untuk pemilukada gubernur dan wakil gubernur mencapai 8.924.

Ketua Divisi Logistik dan Perencanaan Keuangan Komisi Pemilihan Umum Provinsi Nusa Tenggara Barat, H.M. Qazuaini, menyebutkan, dari jumlah TPS tersebut sudah dapat dihitung jumlah kotak suara dan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).

Pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur NTB 13 Mei 2013 mendatang di setiap TPS terdapat sekitar 9 orang.

“Jadi perhitungan-perhitungan banyaknya logistik yang diperlukan berdasarkan data satu diantaranya adalah TPS,“ ujarnya, kepada RRI Kamis (14/3/2013).

Ditambahkan Qazuaini, pada tanggal 22 Maret 2013, Komisi Pemilihan Umum akan mengumumkan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang akan menyalurkan hak suaranya pada pilgub mendatang.

Daftar Pemilih Tetap ini disusun atas dasar Daftar Pemilih Sementara (DPS) yang telah diumumkan ditambah pemutakhiran data yang sedang dipersiapkan.

“Sehingga nanti pada tanggal 22 Maret itu diharapkan sudah siap banyaknya DPT Pilgub,“ harapnya.

Lebih jauh disebutkan Qazuaini, Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) yang diterima KPU dari Pemerintah Provisni NTB mencapai 3.917.954. Sedangkan yang sudah terdaftar pada Daftar Pemilih Sementara sebanyak 3.452.628.

“Ada kurang lebih sekitar 400 sekian yang mungkin belum terdaftar karena belum sempat mendaftar karena pada waktu petugas itu mencari dia mungkin sedang keluar kota,” imbuhnya. (Hayatun/DS/WDA)


Komentar Anda:

copyright© 2012 Radio Republik Indonesia - Kantor Berita Radio Nasional