Aturan Baru Perpanjangan SIM
Tgl: 13/03/2013 13:11 Reporter: Agus Yoga

KBRN, Madiun: Peraturan Kapolri tentang mekanisme perpanjangan Surat Ijin Mengemudi (SIM) yang rencana semula berlaku 1 Maret 2013, belum dapat dilaksanakan. Dalam Peraturan Kapolri yang dikeluarkan 5 Februari 2013 menyebutkan perpanjangan SIM, jika terlambat satu hari saja, harus mengikuti ujian teori dan praktek seperti saat pertama kali membuat SIM.

Menurut Kasat Lantas Polres Madiun Kota Madiun, AKP. Kasiani, saat ini ujian pratek dan teori tidak diberlakukan untuk perpanjangan SIM, sampai batas waktu paling lama 12 bulan, setelah masa berlaku SIM habis. Sedangkan peraturan yang baru masih belum dapat diterapkan sesuai rencana dan menunggu pemberitahuan lebih lanjut.

Masih belum dilaksanakan, masih menunggu pemberitahuan lebih lanjut. Saat ini masih mengikuti yang dulu, jadi yang tidak lebih dari 12 bulan masih bisa dilaksanakan tanpa mengikuti ujian praktek dan teori,” ujar Kasat Lantas.

AKP. Kasiani menegaskan, pemilik SIM yang masa berlakunya habis tidak lebih dari 12 bulan, masih diperbolehkan mengajukan perpanjangan SIM dengan tidak mengikuti ujian terori maupun praktek.

Kendati demikian AKP. Kasiani menghimbau, bila masa berlaku SIM telah habis, dilarang mengemudikan kendaraan, sebelum memiliki SIM yang baru. (Agus Yoga/IM/AKS)


Audio


Komentar Anda:


copyright© 2012 Radio Republik Indonesia - Kantor Berita Radio Nasional