MUI: Toleransi Umat Beragama di Indonesia Tinggi
Tgl: 12/03/2013 08:51 Reporter: Sugandi

KBRN, Jakarta : Majelis Ulama Indonesia menilai nilai toleransi umat beragama bangsa Indonesia terbilang tinggi. Perhatian pemerintah untuk kebebasan umat beragama  di tanah air juga perlu diapresiasi. Salah satu bentuk perhatian pemerintah adalah dengan ditetapkannya hari besar keagamaan sebagai libur nasional.

Ketua Komisi Kerukunan Umat Beragama Majelis Ulama Indonesia (MUI) Slamet Effendy Yusuf, mengatakan hari libur nasional di Indonesia pada umumnya adalah hari besar keagamaan. Dan libur agama tidak dijumpai dinegara lain termasuk di Amerika Serikat yang dikenal sebagai negara demokrasi.

“Kita melihat hari raya agama dijadikan libur, itu tidak pernah ada di negara manapun. Libur kita adalah hari raya. Ini membuktikan bahwa toleransi agama di negara kita bagus,” kata  Slamet Effendy Yusuf, dalam perbincangan bersama Pro3 RRI, Selasa (12/3/2013).

Sikap toleransi masyarakat Indonesia yang tinggi itu sekaligus untuk membantantah temuan organisasi HAM terkemuka Human Rights Watch (HRW), yang menyebut toleransi umat beragama di Indonesia rendah.

Sementara itu terkait dengan perayaan Nyepi 2013, MUI memberikan ucapan selamat dan berharap perayaan Nyepi berjalan dengan khidmat.

“Kami dari MUI mengucapkan selamat Nyepi semoga ini menjadi hari dimana kita bisa intropeksi untuk mewujudkan masyarakat yang kita cita-citakan dan selalu hidup rukun,” ujarnya. (Sgd/WDA)


Audio


Komentar Anda:

copyright© 2012 Radio Republik Indonesia - Kantor Berita Radio Nasional