BMKG : Waspadai Gelombang Laut Setinggi 3 Meter di Perairan Kepri !
Tgl: 09/03/2013 07:02 Reporter: Besty Simatupang

KBRN, Batam : Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Hang Nadim Batam mengimbau nelayan Natuna dan Bintan berhati-hati karena gelombang laut setinggi tiga meter dan arus kencang diprakirakan terjadi pada Sabtu.

"Untuk aktivitas kelautan diimbau agar berhati-hati terhadap gelombang laut yang masih cukup tinggi dan arus laut yang kuat di perairan Bintan dan Natuna," kata Prakirawan BMKG Hang Nadim Batam Nizam Mawardi di Batam, Sabtu.

BMKG mencatat hampir seluruh perairan Kepulauan Riau bergelombang tinggi mencapai tiga meter.

Kondisi udara atas yang labil dengan kelembaban udara yang tinggi, katanya, mendukung pertumbuhan awan. Namun, angin yang bertiup kencang kurang mendukung turunnya hujan.

"Sehingga cuaca diprakirakan berawan dan berpeluang hujan ringan dan terkadang disertai petir," kata dia.

Kondisi itu, kata dia, masih kondusif untuk aktivitas transportasi darat dan udara.

Secara detil, BMKG memprakirakan cuaca Kota Batam pada Sabtu pagi hingga malam berawan. Kecepatan angin diprakirakan 5-42 kilo meter per jam dengan arah timur laut.

Suhu udara di Batam antara 25-31 derajat Celcius dengan kelembapan 63-92 persen, sedangkan gelombang laut di perairan Batam diperkirakan 1-2,5 meter.

Cuaca di Kota Tanjungpinang dan Kabupaten Bintan pada Sabtu pagi hingga malam berawan. Kecepatan angin diprakirakan 5-36 kilometer per jam arah timur laut.

Suhu udara Tanjungpinang dan Kabupaten Bintan antara 24-32 derajat Celcius dengan kelembaban 60-94 persen, sedangkan gelombang laut di perairan Pulau Bintan diperkirakan 1-3 meter.??? Di Karimun pada Sabtu pagi hingga malam berawan. Kecepatan angin mencapai 5-30 kilometer per jam arah timur laut.

Suhu udara di Karimun antara 26-31 derajat Celcius dengan kelembaban 68-88 persen, sedangkan gelombang laut di perairan Karimun diperkirakan 0,8-1,5 meter.

Cuaca di Lingga pada Sabtu pagi berawan hujan ringan dan malam berawan. Kecepatan angin diprakirakan 5-32 kilometer per jam arah utara.

Suhu udara di Lingga antara 24-32 derajat Celcius dengan kelembaban 60-90 persen, sedangkan gelombang laut diperkirakan 1-2,5 meter.

Kabupaten Natuna pada Sabtu pagi berawan, siang cerah berawan dan malam berawan. Kecepatan angin diprakirakan 5-35 kilometer per jam arah utara.

Suhu udara di Natuna antara 23-30 derajat Celcius dengan kelembapan 73-92 persen, sedangkan gelombang laut diperkirakan 1-2,5 meter.

Di Kabupaten Anambas pada Sabtu pagi berawan, siang cerah berawan, dan malam berawan. Kecepatan angin diprakirakan 5-36 kilometer per jam arah utara.

Suhu udara Anambas antara 23-30 derajat Celcius dengan kelembaban 68-88 persen, sedangkan gelombang diperkirakan 1-3 meter.(BCS/BMKG)


Komentar Anda:

copyright© 2012 Radio Republik Indonesia - Kantor Berita Radio Nasional