Komoditas Hortikultura di Kabupaten Jember Mulai Berkurang
Tgl: 06/03/2013 13:26 Reporter: Hidayat

KBRN, Jember : Kelangkaan persediaan sejumlah kebutuhan hortikultura mulai terjadi di Kabupaten Jember. Hal tersebut disampaikan Kepala Bidang Perdagangan Dinas Perindustrian dan Perdagangan ESDM Pemkab Jember, Agus Nur Abadi.

Menurut Agus, berdasarkan pantauannya sejak Februari pertengahan lalu, jumlah persediaan komoditas hortikultura di Jember mulai berkurang.

"Beberapa komoditas tersebut diantaranya bawang putih, bawang merah, cabai merah besar dan cabai rawit," terang Agus kepada RRI, Rabu (6/3/2013).

Salah satu faktor penyebab berkurangnya persediaan sejumlah komoditas hortikultura di Jember, dikarenakan adanya peraturan pembatasan impor produk hortikultura ke indonesia, yang dikeluarkan oleh Pemerintah pusat.

Pemerintah hanya mengizinkan empat pintu masuk untuk kegiatan impor produk hortikultura dari sebelumnya yang berjumlah delapan pelabuhan.

Empat pintu masuk yang dibuka untuk kegiatan impor produk hortikultura itu adalah Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, Pelabuhan Makassar, Pelabuhan Belawan Medan, dan Bandara Soekarno-Hatta Tangerang.

Sementara Pelabuhan Tanjung Priok sudah ditutup untuk kegiatan impor produk holtikultura, dengan alasan sudah terlalu padat.

Akibatnya, sejak akhir Februari lalu sampai sekarang, harga sejumlah komoditas hortikultura naik sampai 22 persen.

"Untuk itu kami akan mengusulkan adanya perubahan revisi untuk aturan tersebut melalui Pemprov Jatim untuk diteruskan kepada Pemerintah Pusat," tandas Agus. (Hidayat/DS/WDA)


Komentar Anda:


copyright© 2012 Radio Republik Indonesia - Kantor Berita Radio Nasional