Badai Salju Melanda Amerika Serikat
Tgl: 05/03/2013 16:45 Reporter: Agus K Supono

KBRN, Minneapolis: Badan Cuaca Nasional Amerika Serikat menyatakan, badai salju yang melanda North Dakota, Senin (4/3/2013), diperkirakan akan menimbulkan salju setinggi 30 cm di daerah Minnesota sebelum bergerak menuju timur negara-negara bagian Atlantik tengah.

Salju paling tebal mungkin melanda daerah Washington, kata badan itu.

Badai salju itu meninggalkan Montana dan North Dakota dan daerah minyak bagian barat laut Montana diperkirakan akan berlangsung sampai Senin malam waktu setempat (Selasa 5 Maret 2013, WIB-red), kata badan cuaca itu.

Departemen transportasi North Dakota mengeluarkan larangan perjalanan di jalan-jalan seluruh bagian barat laut negara bagian itu yang dilanda badai salju yang meliputi ujung utara negara bagian itu melintasi jalan-jalan utara Grand Forks.

Salju sampai setebal 38 cm diperkirakan melanda North Dakota bagian barat laut dan 23 cm di daerah Grand Forks, di perbatsan timur dengan Minnesota.

"Bagi kami badai salju merupakan hal biasa," kata Adam Jones, seorang ahli meteorologi Badan Cuaca Nasional di Bsimarck.

Daerah Minneapolis dan St.Paul dihantam salju setebal 2,5 sampai 5 cm Senin akibat satu sistem badai terpisah, dan meningkat sampai 25 cm diperkirakan akibat badai salju utama, sebagian besar pada Selasa pagi, kata badan cuaca itu.

Badai itu diperkirakan menimbulkan salju tebal di sepanjang Minnesota dan perbatasan Wisconsin, dengan salju setebal 30 cm di ujung tenggara Minnesota, sebelum menuju Wisconsin selatan dan Illinois.

Bandara St.Paul Minneapolis membatalkan 107 penerbangan Senin dan Bandara Internasional O`Hare membatalkan 65 penerbangan, kata laman FlightAware.

Sementara itu salju tebal dan angin kencang menyebabkan terjadi kecelakaan lalu lintas di pegunungan Colorado , dekat daerah ski Vail, yang melibatkan lebih dari 50 kendaraan.

Tiga orang dibawa ke rumah sakit akibat tabrakan beruntun 25 kendaraan dan jalan raya Interstate 70 ditutup, kata kantor Kepolisian Daerah Summit. "Tidak ada yang cedera serius," kata pernyataan itu.

Satu kecelakaan juga terjadi 27 km di jalan raya raya yang sama yang melibatkan 29 kendaraan tetapi tidak ada yang cedera, kata kantor polisi itu.

Departemen Transportasi Colorado mengatakan beberapa bagian dari jalan raya di sepanjang koridor gunung itu sekitar 160km barat Denver ditutup selama beberapa jam Senin petang setelah kecelakaan-kecelakaan itu. Jalan raya itu dibuka kembali pada pukul 17.00 waktu setempat.

Badai itu diperkirakan akan melanda North Dakoka, Minnesota, Iowa utara, Wisconsin barat dan kemudian Illinois utara.

Illinois timur laut termasuk Chicago, diperkirakan akan dilanda salju setebal 15 sampai 25 cm, mulai Senin malam waktu setempat (Selasa WIB), dan meningkat pada pagi dan lebih intensif pada petang.

Salju diperkirakan akan menjadi lebih hebat pada Selasa pagi dengan akumulasi terbesar Selasa pagi, kata badan cuaca itu. Badai itu diperkirakan bergerak ke timur, menuju Ohio Valley, negara-negara bagian Atlantik tengah dan daerah Washington Selasa dan Rabu.

"Ini adalah badai salju terbesar dalam musim dingin di daerah ini," kata ahli Badan Cuaca Nasional Bruce Sullivan, yang berada di Maryland. (Antara/AKS)


Komentar Anda:


copyright© 2012 Radio Republik Indonesia - Kantor Berita Radio Nasional